Kemenko Polhukam Gelar FKK Pilkada Serentak 2020 Berkualitas Bermartabat 

Lipsus370 views
SEMARANG,kabarone.com – Kemenko Polhukam dan Pemerintah Provinsi Jateng menyelenggarakan Forum Komunikasi dan Koordinasi (FKK) bertema Mewujudkan Pilkada Serentak Tahun 2020 yang Berkualitas dan Bermartabat di Provinsi Jawa Tengah.

Ketua panitia Asdep 3/I dalam sambutannya yang di bacakan oleh Brigjen TNI Yusran Yunus selaku Asdep I Pengelolaan Pemilu dan Penguatan Partai Politik Kemenko Polhukam mengatakan jika tahun depan ada 270 daerah yang akan menggelar pilkada serentak dan 21 di antaranya merupakan Kota dan Kabupaten yang ada di Jawa Tengah.

“Pilkada serentak 2020 merupakan Pilkada dengan jumlah daerah terbanyak dibandingkan dengan Pilkada tahun-tahun sebelumnya, karenanya dengan kegiatan seperti ini kami berharap pihak-pihak penyelenggara pemilu nantinya semua siap dan lancar melaksanakan tugasnya”, katanya di Hotel Daffam Jl.Imam Bonjol 188 Semarang., Jum’at (27/12/2019)

Dikatakannya lagi, Jawa Tengah merupakan provinsi yang mendapat atensi Pemerintah Pusat karena provinsi dengan kabupaten/kota terbanyak ke-2 dalam Pilkada serentak 2020 setelah Provinsi Sumatera Utara (23 Kota/Kab).

Ia berharap,daerah-daerah yang akan melaksanakan penandatangan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) segera selesai semua dan lancar.

FKK kali ini menghadirkan tiga narasumber yaitu AKBP Budi Agus Setiawan Kabag Bin Ro Ops Polda Jawa Tengah, kemudian Ketua KPU Jawa Tengah Yulianto Sudrajat dan Ketua Kode Inisiatif Veri Junaidi.serta dipandu oleh moderator Pakar Politik asal Undip Teguh Yuwono.

Ketua kode Inisiatif, Veri Junaidi menyampaikan materi terkait pelaksanaan pilkada serentak tahun 2020 ditinjau dari aspek regulasi pilkada dan efektivitas penegakan hukum.

Menurutnya, ada beberapa problematika yang akan timbul dalam pilkada serentak tahun depan.

“Pilkada serentak 2020 ada yang menjadi perhatian serius diantaranya munculnya calon tunggal di beberapa daerah, terkait sengketa pencalonan, sosialisasi yang belum optimal serta proses pelaksanaan yang cepat tapi regulasinya masih pake yang lama”, paparnya.

Mengingat hal itu, Ia berharap pemerintah segera menerapkan aturan yang pas dan sesuai agar pelaksanaan Pilkada serentak mendatang bisa berjalan lancar.

Sementara itu Ketua KPU Jateng Yulianto Sudrajat menyampaikan tema bagaimana mewujudkan pilkada serentak tahun 2020 sesuai dengan tahapan,- tahapan pelaksanaan pilkada.

“Dari catatan saya pilkada 2020 setidaknya ada 71 hari massa kampanye yang terbagi dalam beberapa fase, terus kita sedang siapkan terkait proses perhitungan suara dengan e-rekap yang mudah-mudahan segera selesai prosesnya”, katanya.

Sedangkan Kabag Binro Ops Polda Jateng AKBP Budi Agus membawakan materi tentang.tentang kesiapan.pengamanan di Propinsi Jateng guna mendukung suksesnya pilkada serentak tahun 2020.

Forum Komunikasi dan Koordinasi (FKK) ini diikuti oleh perwakilan KPU, Bawaslu se Jateng, Mahasiswa, Ormas dan LSM serta beberapa institusi terkait. (Amr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *