Antisipasi Virus Corona,Dinas Pendidikan Lamongan Liburkan Sekolah

Daerah1,947 views

Lamongan,(Kabarone.com)-Sudah ada keputusan dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa, pemerintah Kabupaten Lamongan Dinas Pendidikan memutuskan meliburkan sekolah mulai hari ini, (16/3/2020). Kebijakan ini diambil untuk mengantisipasi dampak virus Corona atau Covid-19 yang persebarannya kian mengkhawatirkan.

Pada Minggu (15/3/2020) Malam,Dinas Pendidikan Lamongan menerbitkan surat edaran tentang penghentian kegiatan belajar mengajar mulai Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sampai Sekolah Menengah Pertama (SMP). Surat tersebut diteken langsung oleh Kepala dinas Pendidikan Lamongan Adi Suwito.

Siswa disarankan melakukan belajar di rumah menggunakan buku-buku pegangan siswa, mengerjakan tugas, dan dapat mengakses portal rumah belajar mulai tanggal 16 Maret sampai pemberitahuan lebih lanjut mendatang.

Pemerintah Kabupaten dan Dinas Pendidikan Lamongan akan melakukan evaluasi kembali mengenai perpanjangan liburan pada 16 Maret sampai mendatang.

Selain itu,Dinas Pendidikan Lamongan juga menghimbau pihak sekolah menunda berbagai kegiatan yang bersifat massal di dalam area dan luar sekolah.Selanjutnya, menjaga dan memelihara lingkungan sekolah agar tetap higienis serta menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Kemudian Pemerintah Kabupaten Lamongan juga mengimbau Kepala Satuan Pendidikan Pendidik dan Tenaga Kependidikan dapat menjalankan tugas dan menyelesaikan administrasi pembelajaran serta tugas lainnya di rumah.

Orang tua wali murid agar dapat menjaga dan mengawasi anaknya supaya tidak pergi ke tempat umum dan berinteraksi dengan orang ramai serta tidak membawa anaknya pulang kampung.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Lamongan,Adi Suwito mengatakan kebijakan libur sekolah itu diberlakukan atas dasar Kepres RI Nomor 7 Tahun 2020 tentang Gugusan Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2020 (COVID-19), sebagaimana telah disampaikan Presiden RI, Joko Widodo.

Maka selama pekan sekolah diliburkan, dimulai dari hari ini, 16 Maret sampai pemberitahuan lebih lanjut.Lebih dari hari itu para siswa di aktifkan lagi ke sekolah.

“Setiap daerah harus mengantisipasi penyebaran Covid-19. Maka kita liburkan PAUD, SD dan SMP sederajat di Kabupaten Lamongan,” jelasnya.

Selama libur sekolah, kata Adi Suwito, diminta para orang tua mendampingi dan mengawasi anak-anaknya dalam beraktivitas.

Diharapkan para orang tua tidak melakukan perjalanan jauh ke luar negeri maupun ke luar kota. Lalu jauhilah tempat-tempat keramaian atau wisata karena sangar rentan dengan penyebaran virus tersebut.

“Lebih baik para orang tua yang memberikan pembelajaran selama liburan ini. Lakukan proses belajar itu di rumah dengan sistem pembelajaran dari online dan pemberian tugas,”pungkasnya.(Ian/Rul/F2/Pur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *