Desa Geronggang Dan Tamiang Bakung Serta 3 Desa Lainya Bagikan BLT-DD

Daerah, Regional534 views

KOTABARU,kabarone.com- Pemerintah Desa (Pemdes) Geronggang dan Desa Tamiang Bakung serta 3 Desa lainya di Kecamatan Kelumpang Tengah membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT-DD) tahun 2020 tahap satu secara bersamaan di Desa masing-masing kepada Kepala Keluarga miskin yang ada di Desa, Senin 15/6/2020.

Seperti halnya di Desa Geronggang di laksanakan di gedung serbaguna dengan jumlah penerima sebanyak 71 Kepala Keluarga miskin dari total 651 Kepala Keluarga.

Sementara di Desa Tamiang Bakung penerima BLT-DD sebanyak 48 Kepala Keluarga miskin dari total 273 seluruh Kepala Keluarga, dan Desa Sang-sang jumlah penerima dari BLT-DD sebanyak 11 Kepala Keluarga miskin dan BST sebanyak 99 Kepala Keluarga miskin dari total 625 Kepala Keluarga.

Dua Desa lainya seperti Desa Sebuli penerima BLT-DD berjumlah 39 Kepala Keluarga dari total 201 Kepala Keluarga dan Desa Tebing Tinggi penerima BLT-DD sebanyak 8 Kepala Keluarga dari total 143 Kepala Keluarga.

Kepala Desa Geronggang Rian Hidayat mengatakan, penyerahan bantuan langsung tunai yang bersumber dari Dana Desa (BLT-DD) tahun 2020 tahap satu terhitung dari bulan Juni 2020.

Mengapa baru hari ini di salurkan atau di serahkan, karena harus melakukan beberapa tahapan mulai dari tahapan pendataan calon penerima, musdis, verifikasi dan penyerahan data ke Dinas BPMPD Kotabaru.

Sehingga hari ini Pemdes bisa menyalurkan kepada penerima bantuan langsung tunai dari Dana Desa, jadi jumlah penerima untuk Desa Geronggang berjumlah 71 Kepala Keluarga miskin yang tersebar di 10 rukun tetangga, ujar Dayat.

Kata Dayat, saya berharap dengan adanya bantuan ini bisa meringankan beban di masa pandemi covid-19 yang selama ini merisaukan dan selalu menghantui kita semua.

Para penerima BLT-DD ini di luar dari data program Pemerintah lainya seperti program keluarga harapan (PKH) dan bantuan pangan non tunai (BPNT) yang di kelola oleh Dinas Sosial Kotabaru, tambahnya.

Sementara untuk penerima PKH sebanyak 13 Kepala Keluarga dan penerima BPNT sebanyak 26 Kepala Keluarga dan nantinya rumah para penerima akan di pasang plakat atau stiker di rumah masing-masing penerima bantuan tersebut, jelasnya.

Sementara M. Jainudin Kepala Desa Tamiang Bakung mengatakan, saya ucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat khususnya yang sudah memperhatikan warga masyarakat yang ada di pedesaan.

Dengan adanya bantuan yang sampai ke daerah pedesaan melalui Dana Desa yang mana Desa di perintahkan oleh pemerintah pusat untuk menganggarkan bagi warga yang terkena dampak Covid-19 selama 6 bulan dengan total keseluruhan Rp. 2700.000 (Dua juta Tujuh Ratus Ribu Rupiah).

Tambah Jainudin, penyerahan BLT-DD sisa dari warga yang belum mendapatkan bantuan atau sentuhan, bantuan ini diserahkan langsung kepada warga yang menerima tanpa bisa di wakili ataupun ada pemotongan, karena warga yang mendapatkan bantuan ini juga terlebih dahulu mendatangani bukti penerimaan.

Jadi jelas tidak ada yang kita tutupi, semua transparan dalam pemberian tersebut kepada warga, karena itu merupakan hak mereka yang sudah diatur pemerintah akibat dampak Covid -19, tutupnya.(Hrp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *