Mulai Bulan Ini, 7 Kereta Api Jarak Jauh Kembali Beroperasi

Daerah490 views

SEMARANG,kabarone.com- PT. Kereta Api Indonesia (KAI) kembali menambah perjalanan KA jarak jauh dan lokal secara bertahap di bulan Agustus 2020.

Hal ini dikarenakan adanya peningkatan pelanggan mencapai 60 persen hingga bulan Juli lalu.

“Terdapat tujuh KA jarak jauh yang kembali dioperasikan oleh KAI pada akhir pekan dan tanggal tertentu di bulan Agustus, setelah sebelumnya KA tersebut dihentikan sementara operasionalnya,” kata Manager Humas PT. KAI Daop 4 Semarang, Krisbiyantoro, Selasa (4/8/2020).

Tujuh KA jarak jauh tersebut, kata Krisbiyantoro adalah KA Harina (Bandung -Surabaya Pasar Turi PP), KA Senja Utama Solo (Solo Balapan-Pasar Senen), KA Mataram (Pasar Senen-Solo Balapan), KA Matarmaja (Pasar Senen Malang PP), KA Pasundan (Bandung Kiaracondong-Surabaya Gubeng PP), KA Wijayakusuma (Cilacap Ketapang PP) dan KA Sawunggalih (Pasar Senen-Kutoarjo PP).

Adapun diantara KA tersebut yang melintas di Daop 4 Semarang adalah KA Harina dan KA Matarmaja yang akan mulai dioperasikan pada tanggal tertentu.

‘ KA Harina arah ke Bandung jalan pada tanggal 9, 16, 23, 30 dan ke arah Surabaya pada tanggal 8, 15, 22, 29. Sedangkan KA Matarmaja arah ke Jakarta Pasar Senen jalan tanggal 2, 4, 6, 9, 11, 13, 16, 18, 20, 23, 25, 27, 30 dan KA Matarmaja arah ke Malang jalan pada tanggal 3, 5, 7, 10, 12, 14, 17, 19, 21, 24, 26, 28, 31,” jelasnya.

Krisbiyantoro menambahkan bahwa dioperasikannya kembali kereta api – kereta api tersebut karena melihat minat masyarakat yang terus tumbuh untuk menggunakan jasa transportasi kereta api.

“Kenaikan jumlah pelanggan di Daop 4 dari bulan Juni ke bulan Juli di masa adaptasi kebiasaan baru yaitu 181 persen dengan jumlah pelanggan di bulan Juni 28.344 dan Juli 79.708 serta kenaikan jumlah frekuensi KA sebesar 65 persen, KA yang dijalankan di bulan Juni sebanyak 20 KA dan di bulan Juli 33 KA,” ungkapnya.

Sedangkan rata-rata jumlah pelanggan per hari pada bulan Juli dibandingkan bulan Agustus mengalami kenaikan 66 persen dengan penambahan 2 KA tersebut, sehingga menjadi 35 KA.

Sementara untuk layanan Rapid Test di stasiun hasil kerja sama KAI dan Rajawali Nusindo sangat diminati oleh calon pelanggan. Terbukti sampai dengan 3 Agustus, terdapat 534 calon pelanggan yang menggunakan layanan rapid test di Stasiun Semarang Tawang, atau rata-rata 106 peserta setiap harinya.

“KAI tetap berkomitmen menjalankan protokol kesehatan, pelanggan yang naik kereta api diharuskan memakai masker, suhu tidak melebihi 37,3 derajat, dalam kondisi sehat,” imbuhnya.

Khusus untuk pelanggan KA Jarak Jauh diminta untuk menunjukkan Surat Bebas Covid-19 (Tes PCR/Rapid Test) yang masih berlaku 14 hari sejak diterbitkan atau surat keterangan bebas gejala seperti influenza (influenza-like illness) yang dikeluarkan oleh dokter Rumah Sakit atau Puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas Tes PCR/Rapid Test, mengenakan face shield selama dalam perjalanan hingga meninggalkan area stasiun tujuan.

Untuk tiket dapat dipesan mulai H-7 keberangkatan secara online melalui aplikasi KAI Access, website kai.id, dan mitra resmi penjualan tiket KAI lainnya.

Untuk informasi lebih lanjut tentang perjalanan KA di bulan Agustus, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 021-121, email cs@kai.id, dan sosial media KAI 121. (Amr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *