Dinas Tenaga Kerja Lamongan Adakan Pembukaan Job Market Fair 2020 Di Kampus UNISLA

Daerah326 views

Lamongan, Kabarone.com – Dinas tenaga kerja bersama Universitas Islam Lamongan (UNISLA) pada Rabu pagi ini (21/10),menggelar pembukaan job market fair Tahun 2020. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolres Lamongan AKBP Harun SIK, Forkopimda, Rektor, dosen, maupun mahasiswa UNISLA.

Pembukaan job market fair Tahun 2020 ini ditandai secara simbolis dengan pemotongan pita sekaligus penekanan tombol peresmian oleh Bupati Lamongan Bapak H. Fadeli SH., MM didampingi Forkopimda.
Kepala Disnaker Lamongan, Hamdani Azahari menyebutkan,JMF harus tetap digelar meski di tengah pandemi Covid-19, demi memberikan peluang pekerjaan kepada masyarakat dan menekan angka pengangguran.

“Tidak ada jalan lain, kita harus tetap mengakses seluruh perusahaan-perusahaan yang masih tetap membuka peluang pekerjaan,” kata Hamdani.

Untuk mencegah terjadinya penularan pada JMF, Hamdani mengungkapkan bahwa pihaknya menerapkan protokol kesehatan ketat.

“Jadi sebelum masuk, pencari kerja wajib pakai masker, cuci tangan, kemudian di tes suhu tubuh,” imbuhnya.

Hamdani menyebutkan, angka pengangguran terbuka di Kabupaten Lamongan sebanyak 25 ribu orang atau 4 persen dari jumlah penduduk Lamongan.

Jumlah tersebut belum termasuk pekerja yang dirumahkan maupun PHK oleh perusahaan, akibat pandemi Covid-19.

“Yang kena PHK kurang kebih 5 ribu orang, baik yang pekerja formal maupun informal. Karena teman-teman yang ada di luar negeri seperti di Hongkong maupun negara lain, itu juga dipulangkan,” tutur Hamdani.

Kondisi tersebut, kata Hamdani, membuat Disnaker Lamongan memutuskan untuk tetap menggelar JMF, yang diikuti oleh 30 perusahaan yang berada di Jawa Timur.

Setelah kita fix data itu ada 30 perusahaan, kita buat JMF ini. Kurang lebih 1500 orang yang akan terserap.

Hamdani juga menjelaskan,peluang kerja yang tersedia pada JMF tersebut masih belum mampu menyerap seluruh pengangguran, untuk itu dalam pembukaan JMF juga dilaunching website yang memudahkan masyarakat mengakses peluang kerja.

“Kalau hanya Job Fair manual itu nggak cukup, karena yang ada di pelosok-pelosok daerah, kita tambah dengan LA job market fair. Kita terus berkolaborasi dengan perushaannbaik yang di Lamongan, Gresik, Surabaya, Tuban dan daerah lain, kita informasikan kepada masyarakat agar mereka bisa mengakses peluang kerja,”pungkas Hamdani.

Dalam sambutannya Bupati Fadeli mengucapkan terimakasih kepada kampus UNISLA yang telah senantiasa memfasilitasi kegiatan ini, “Masalah tenaga kerja itu sudah menjadi tanggung jawab semua pihak terutama dinas tenaga kerja yang diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja dan juga memfasilitasinya” pungkasnya.(Ian)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *