Beberapa Pekerjaan Pada Proyek Mesjid Asrama Haji Babel Diduga Asal – Asalan

Daerah571 views

Pangkalpinang, Kabarone.com – Direncanakan bakal menghabiskan Dana Hibah dari Pemerintah Propinsi Bangka Belitung Tahun 2020/21 sebesar Rp 4,2 milyar, proses pembangunan Mesjid Asrama Haji pada Komplek Asrama Haji Transit, dalam Komplek Perkantoran Pemerintah Propinsi Bangka Belitung, di Air Itam, Kota Pangkalpinang, masih terus berlangsung. Pekerjaan itu dilaksanakan oleh Kontraktor CV Andara Karya Abadi.

Pada saat dikunjungi Jum’at (12/3/2021) terlihat kesibukan sejumlah pekerja yang menyelesaikan tiap – tiap bagian proyek. Namun pekerjaan tersebut sepertinya kurang pengawasan, dan diduga tidak mengikuti SOP pekerjaan yang benar. Ini dibuktikan dengan adanya seorang pekerja yang mengaduk campuran semen dengan pasir diatas lantai masjid bagian luar. Pengadukan itu bahkan mepet dengan dinding mesjid yang sudah dilapisi cat tembok.
Adukan semen itu, akan digunakan untuk pemasangan keramik lantai, karena sekitar 2 meter dari adukan, ada pemasangan keramik lantai oleh tukang lain.

Pekerjaan lain adalah pemasangan panel beton untuk kubah mesjid. Sejumlah tukang berdiri diatas steger (scafolding) melakukan proses pemasangan. Namun, ada yang janggal dengan rangka besi untuk penopang kubah mesjid tersebut. Terlihat dari bawah, sejumlah besi galvanis bulat melintang (horizontal) yang menempel pada besi galvanis bulat lengkung vertikal, pemasangannya sebagian ada yang tidak segaris.

Demikian pula pengelasan. Terlihat sambungan antar besi galvanis bulat horzontal dengan besi galvanis vertikal lengkung, sambungannya dilas dengan besi behel. Pengelasan sambungan antar besi galvanis juga tidak penuh (melingkar). Padahal, panel beton kubah sudah banyak yang terpasang, dan akan selesai beberapa hari kemudian. Diperkirakan, beban panel beton tersebut cukup berat.

Sementara itu, Pimpinan Pelaksana Kegiatan (PPK) pada proyek tersebut, Denny Sandra dari Kantor Wilayah Departemen Agama RI Propinsi Bangka Belitung, yang ditemui pada Senin (15/3/2021) mengatakan pihaknya berterima kasih atas penyampaian sejumlah kekurangan terhadap pelaksanaan pekerjaan itu, dan akan disampaikan kepada pihak pelaksana untuk diperbaiki. “Kita berterima kasih atas penyampaian ini dan akan ditindak lanjuti untuk dilakukan perbaikan, ” ujar Denny. (Shd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *