Lakukan Tafaruqon, Pesantren Ramadhan Inisiasi PT Arutmin

Daerah1,291 views

KOTABARU,kabarone.com- Istilah Tafaruqon adalah masa penutupan atau perpisahan pesantren ramadhan yang diadakan di bulan Ramadhan, seperti halnya program pesantren ramadhan milik PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin untuk masyarakat lingkar tambang akhirnya menyelesaikan programnya selama 38 hari.

Dengan selesainya program pesantren ramadhan jelang lebaran, pesantren ini melakukan Tafaruqon atau perpisahan bersama santrinya sekaligus buka bersama dan penyerahan sertifikat serta pembagian paket sembako untuk santri dengan tetap menerapkan protokol kesehatan bertempat di Demplot P4T Dahlia Desa Tamiang Bakung Kecamatan Kelumpang Tengah Kabupaten Kotabaru, Kamis 6/5/2021.

Kepala Teknik Tambang (KTT) PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin Dedi Heriyanto mengatakan, Pesantren ramadhan ini memang baru di inisiasi pada tahun ini dengan harapan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya bagi santri yang mengikuti dari awal masuk dan bisa terpilih kemudian di saat masuk bisa belajar dan belajar jauh dari orang tua serta belajar mandiri.

Tak terasa sudah 38 hari para santri di gembleng oleh guru- guru pembimbing, baik itu ilmu hapalan dan ilmu agamanya serta wawasan lainya, ujar Dedi.

Tambah Dedi, sebenarnya pesantren ramadhan ini hanyalah inisiasi untuk masa depan adik-adik sekalian, jadi di harapkan dari bekal ini bisa melanjutkan menambah hapalannya dan terus menambah ilmu agamanya di rumah.

Baihaqi, santri di pesantren ramadhan menyampaikan, di pesantren ini kami dapat merasakan indahnya kebersamaan serta berbagi pengalaman dan masih banyak kesan serta pesan yang kami dapat dari guru pembimbing, namun tidak bisa di uraikan dengan kata-kata.

Sebelum perpisahan ini saya atas nama santri dan mewakili semua santri meminta ampun maaf atas segala kesalahan dan kekurangan selama berada di pesantren ramadhan ini dan kami tidak bisa membalas apa- apa.

Kami hanya bisa mengucapkan terimakasih kepada PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin yang telah membuat program pesantren ramadhan di tahun ini dan semoga di tahun depan atau waktu yang lebih dekat bisa terlaksana kegiatan seperti ini, dan semoga PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin diberikan keberkahan, ucapnya.

Sementara Khalilrahman Guru pembimbing mengucapkan terimakasih kepada PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin yang sudah memberikan kepercayaan untuk menjadi pembimbing di pesantren ramadhan ini.

Katanya, tidak terasa sudah 38 hari berada disini, harapan saya kepada anak-anak santri yang sudah belajar dan menghapal agar mengamalkan ilmu yang sudah di dapat dan memperkuat serta menambah hapalannya, mudah-mudahan yang sebentar ini bisa menjadi pemicu kalian untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya, tutupnya.(HRB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *