Pembibitan Nila Kekar Di Desa Megasari Berhasil, Kades; Hasil Kerjasama Dengan Arutmin

Daerah369 views

KOTABARU,kabarone.com- Pembenihan ikan nila kekar di Desa Megasari yang di kelola oleh Pemerintah Desa yang merupakan bantuan dari CSR PT Arutmin Indonesia NPLCT kini melakukan sortir ikan nila untuk di jadikan induk beberapa hari yang lalu.

Kepala Desa Megasari Ali Mukdin, Jum’at 3/9/2021 mengatakan, dengan adanya pembenihan atau pembibitan ini kami bisa membantu masyarakat nanti dengan memberikan bibit untuk pembesaran, karena dengan adanya pembibitan ini nanti tidak susah untuk mencari bibit.

Saat ini kami hanya melakukan percobaan dengan bekerjasama dengan PT Arutmin Indonesia NPLCT, jadi untuk budidaya pembibitan ini kami meminta Ke Arutmin melalui CSR nya bahwa kami minta nila kekar yang di datangkan dari pulau Jawa, karena di Kalimantan Selatan tidak ada, dan akhirnya di bantu bibit dan jaring serta pakan, ungkapnya.

Kabid Pemberdayaan Pembudidayaan Ikan Dinas Perikanan Kotabaru Sarawani, SPi, MP mengatakan, dengan adanya kegiatan budidaya pembenihan ikan air tawar yang di fasilitasi oleh PT. Arutmin di Desa Megasari Kec Pulau Laut Utara, tentunya sangat bermanfaat, dan tujuan dari kegiatan pembenihan ikan jenis nila kekar ini nantinya dapat menyediakan benih ikan air tawar di lokalan kotabaru, ujarnya.

Tambah Sarawani, dari pantauan dan pembinaan yang dilakukan dilapangan, jenis nila ini sangat cepat perkembangannya dan bagus.

Harapannya kedepan, PT Arutmin dapat lagi memfaslitasi kelompok usaha perikanan yang produktif dalam rangka meningkatkan pendapatan masyarakat.

Sementara, Yogi Swara PM, Supervisor CDEA PT Arutmin Indonesia NPLCT mengatakan, pertumbuhan nila kekar di Desa Megasari sangat baik dan sesuai dengan harapan.

Untuk 1 kg bisa 5 sampai 6 ekor dalam 2 bulan, ini menandakan salah satu faktor penentu yaitu air di Desa Megasari memiliki kualitas yang baik dan cocok untuk ikan nila kekar, jelasnya.

Besar harapan kami agar ikan nila tersebut dapat menjadi indukan sehingga dapat mewujudkan Desa Megasari sebagai sentral pembenihan dan budidaya ikan nila, ujar Yogi mengakhiri.(HRB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *