PN Dataran Hunimoa Kelas II Kabupaten Seram Timur Sediakan Aplikasi siJAYA Mudahkan Pelayanan Masyarakat

Hukum571 views

Jakarta Kabarone.com,- Untuk memudahkan pelayanan terhadap masyarakat secara digital Pengadilan Negeri (PN) Dataran Hunimoa Kelas II, Kabupaten Seram bagian Timur, kini telah menyediakan aplikasi siJAYA.
Pengadilan Dataran Hunimoa Kelas II, yang baru diresmikan pada akhir 2018 itu, masih memiliki keterbatasan sarana prasarana, SDM serta keterbatasan anggaran. Sehingga dituntut untuk berbenah dalam pelayanan yang tadinya masih manual saat ini sudah berbasis digital. Hal itu harus lah disediakan agar eturut serta dan berperan aktif dalam pelaksanaan Blue Print Pembaharuan Peradilan tahun 2010-2035 di lingkup Mahkamah Agung Republik Indonesia. Hal itu disampaikan Kepala Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung Sobandi SH MH, dalam rilis yang diterima media ini.

Sobandi menyampaikan, bertolak dari semangat reformasi birokrasi yang dicanangkan Kemen PanRB serta pembaharuan dan modernisasi peradilan maka, Pengadilan Negeri Dataran Hunimoa melakukan komitmen bersama dalam menetapkan kinerja dengan tahapan-tahapan yang terencana dan terprogram secara sistematis melalui penataan, penertiban, perbaikan pengkajian, pengelolaan terhadap sistem kebijakan dan peraturan perundangan-undangan.
Komitmen tersebut untuk mencapai efektivas dan efesiensi dalam implementasi Reformer menemukan Pengelolaan panjar biaya perkara yang belum optimal antara lain;

Komunikasi yang tidak efektif antara masyarakat pencari keadilan dengan pihak Pengadilan Negeri Dataran Hunimoa dalam pengelolaan panjar biaya perkara.
Surat Teguran penambahan panjar biaya perkara masih manual.
Surat pemberitahuan pengembalian sisa panjar masih dilakukan secara manual.

Terhadap permasalahan yang timbul tersebut secara otomatis akan berpengaruh dan terganggunya proses peradilan, serta tugas Pengadilan dalam menerima, memeriksa dan memutus perkara.
Sehingga untuk mewujudkan kemudahan pelayanan masyarakat maka dibuat solusi menyediakan Aplikasi siJAYA yang berbasis di gital supaya informasi pengelolaan panjar biaya perkara lebih cepat sampai kepada para pihak atau masyarakat pencari keadilan, walaupun dengan sumber daya manusia yang terbatas di Pengadilan Negeri Dataran Hunimoa, ucapnya.

Selain itu Aplikasi tersebut bermanfaat sebagai sarana dalam meningkatkan pengelolan administrasi keuangan perkara yang mencatat semua kegiatan penerimaan dan pengeluaran biaya untuk setiap perkara, sebagaimana diatur dalam Pedoman Pelaksanaan Tugas Administrasi Peradilan Umum (Buku II).

Untuk mengetahui dan membuka Aplikasi siJAYA yang disediakan Pengadilan Dataran Hunimoa dapat mengakses atau Klik di SINI untuk masuk di aplikasi siJAYA. Demikian disampaikan Humas Mahkamah Agung dalam rilisnya, 7/9/2021.

Penulis : P. Sianturi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *