Pramuka, Wadah Menjaga Keseimbangan Soft Skill dan Hard Skill

Daerah288 views
Lamongan,Kabar one.com-Menghadapi era yang serba berubah, Pramuka merupakan salah satu wadah atau media untuk menjaga keseimbangan antara soft skill dan hard skill. Hal itu diutarakan Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramukan Kwarcab Lamongan sekaligus Bupati Lamongan Yuhronur Efendi (YES) di Pendopo Lokatantra, Sabtu (2/10).
“Beberapa kali saya sampaikan bahwa ke depan kita akan menghadapi dunia yang serba berubah. Pertama dengan adanya bonus demografi yang sebagian besar masyarakat kita adalah kaum milenial. Kedua, teknologi informasi yang mengharuskan kita untuk menuju digitalisasi, kemudian yang ketiga yaitu pengaruh-pengaruh yang lain. Oleh karena itu kita harus menguatkan Pramuka sebagai salah satu wadah, media untuk menjaga keseimbangan-keseimbangan itu semua, kita akan memadukan kemampuan soft skill dan hard skill di tubuh Pramuka,” tutur Bupati Yes di hadapan pelatih dan pembina pramuka sesaat sebelum Pelepasan Peserta Pitaran Pelatih Swabina Manggala Pusdiklatcab Jodipati Gerakan Pramuka Kwarcab Lamongan ke lokasi diklat.
Bupati Yes juga mengajak seluruh pramuka di seluruh Kabupaten Lamongan untuk menggairahkan dan membangkitkan kembali kegiatan masyarakat, termasuk kegiatan kegiatan pramuka. “Kegiatan Pramuka jangan sampai berhenti, kita sudah sepakat Pramuka ini sebagai salah satu alat untuk mempersiapkan generasi muda semakin baik,” imbuhnya.
Ketua panitia, L Subandi mengungkapkan apresiasinya kepada Bupati Yes atas dukungan dan support penuh kepada Pramuka Lamongan. Subandi juga berjanji, akan menerapkan ilmu yang diperoleh peserta usai diklat untuk kemajuan Pramuka.
“Kami memberangkatkan 40 peserta yang terdiri dari pelatih, dewan kerja cabang serta ambalan. Rencana akan dilaksanakan di Sarangan, Magetan. Kegiatan ini jelas untuk menggodok pramuka penggalang dan penegak. Mohon doanya semoga acaranya lancar dan hasilnya dapat diterapkan untuk Gerakan Pramuka Kwarcab Lamongan,” tandasnya.[AS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *