Buka Jalur Tol Laut, 3 Kabupaten Dan 2 Kota Lakukan Pertemuan Di Balikpapan

Daerah302 views

KOTABARU,kabarone.com- Bidang transportasi laut, Pemkab Kotabaru menginisiasi kerjasama lintas Provinsi dan Kabupaten yang melibatkan 3 Kabupaten dan 2 Kota di 4 Provinsi dalam rangka membuka konektivitas bidang perekonomian seperti perdagangan, pertanian, peternakan setra sektor pariwisata.

Ini sebagaii wujud program pemerintah pusat untuk membuka jalur tol laut. Kita akan membuka rute kapal laut meliputi Kotabaru- Barru- Mamuju- Bontang dan Balikpapan, sehingga akan meningkatkan konektifitas antar kota, Kabupaten dan Provinsi, karena kapal ini nantinya memiliki kapasitas 2500 penumpang dan 450 kendaraan, yang akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, apalagi kota Balikpapan sebagai penyangga Ibu Kota Negara, ujar Sayed Jafar dalam sambutannya.

Kata Ja’far, Kotabaru, Balikpapan, Bontang dan Barru sebagai Daerah pesisir, memiliki hubungan emosional yang cukup erat karena cukup banyak warga bugis bermukim disana, sehingga masih ada kaitan kekeluargaan dan tentunya ini sebagai modal penting yang akan semakin mempererat hubungan antar Kabupaten dan kota tersebut, apabila ada sarana transportasi yang mudah dan murah, imbuhnya.

Pada acara pertemuan 3 pemda yang dihadiri langsung oleh Bupati Kotabaru, H.Sayed Jafar, SH, Bupati Barru (Sulsel), Suardi Saleh, dan Walikota Balikpapan (Kaltim), Rahmad Mas’ud, Selasa 11/01/2022 di Aula Balaikota Balikpapan.

Dalam pertemuan tersebut juga dibicarakan terkait potensi unggulan masing-masing Daerah yang akan dikerjasamakan, Walikota Balikpapan menyebutkan bahwa kota Balikpapan yang akan menjadi penyangga ibu Kota Negara sangat membutuhkan pasokan di bidang pangan khususnya ayam dan daging sapi, kami saat ini juga sedang berencana melalui perusahaam Daerah, untuk membuka usaha penerbangan antara kota Balikpapan dengan Kota-kota lainnya di Kalimantan, khusus nya Kotabaru dan Sulawesi, terang Rahmad Mas’ud.(HRB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *