KPW BI Lhokseumawe Tinjau Penerapan QRIS Dalam Pembayaran Pajak dan Retribusi

Bisnis303 views

Lhokseumawe, KabarOne – Dalam rangka memahami progres implementasi elektronifikasi transaksi pendapatan daerah, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Lhokseumawe, Gunawan, bersama Pimpinan Bank Aceh Syariah mengunjungi Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Aceh Tamiang pada Selasa, (15/2/2022) kemarin.

Kunjungan tersebut dilakukan guna meninjau penerapan Quick Response Code Indonesian Standard atau (QRIS) dalam pembayaran pajak dan retribusi daerah.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan BI Lhokseumawe, Gunawan, menyebutkan bahwa pandemi telah mengajarkan kepada kita berbagai macam aktivitas baru dan penyesuaian baru seperti bertransaksi melalui aplikasi digital. Di era digital saat ini, segala aspek kehidupan manusia terus menerus mengalami disrupsi. Digitalisasi merupakan salah satu bentuk disrupsi yang sedang marak. Melalui digitalisasi, berbagai macam aktivitas manusia dapat dilakukan secara lebih mudah, lebih praktis, dan lebih cepat. Terlebih dengan adanya pandemi COVID-19, banyak sekali perubahan yang kita rasakan.

Hal di atas yang kemudian menjadi pendorong dalam upaya percepatan dan perluasan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD). Elektronifikasi transaksi pemerintah adalah suatu upaya untuk mengubah transaksi pengeluaran dan penerimaan pemerintah dari tunai menjadi non tunai melalui berbagai instrumen dan kanal pembayaran elektronik untuk mewujudkan efisiensi, efektifitas dan transparansi tata kelola keuangan pemerintah melalui infrastruktur yang aman dan handal.

Seraya menambahkan, pemanfaatan QRIS dapat mempermudah kedua belah pihak, baik BPKD maupun masyarakat yang ingin membayar pajak dan retribusi, melalui jargonnya, Cepat, Mudah, Murah, Aman, and Handal (CEMUMUAH). Penggunaan QRIS memungkinkan pembayaran yang praktis, tanpa kembalian, dan juga higienis karena tanpa bersentuhan. Penerapan QRIS di BPKD harapannya dapat menjadi inspirasi bagi instansi dan pelayanan publik lainnya agar dapat beralih kepada pembayaran non-tunai.

Pada hari yang sama, Kepala Perwakilan BI Lhokseumawe, Gunawan bersama Bupati Aceh Tamiang, Mursil juga mengadakan acara sepeda bersama bersama dengan unsur FORKOPIMDA Aceh Tamiang. Pada kegiatan sepeda bersama tersebut, Kepala Perwakilan BI Lhokseumawe, Gunawan bersama Bupati Aceh Tamiang, Mursil secara serempak menggunakan QRIS dalam pembayaran kopi di Oregon Coffee selepas acara selesai agar menjadi inspirasi bagi masyarakat. Diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan pembayaran non tunai, untuk mendorong tercapainya 15 juta pengguna baru QRIS.(*fadhil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *