Kerja Bakti Bersihkan Lumpur dan Sampah Sebagai Upaya Menjaga Kebersihan Di Lingkungan Kecamatan Menteng

Metropolitan579 views

Jakarta Kabarone.com,-Wakil Camat Kecamatan Menteng Kota Administrasi Jakarta Pusat, Suprayogie, pimpin kerja bakti grebek lumpur dan sampah serta penopingan pohon yang sudah rimbun dalam kegiatan bersih bersih Minggu 13/3/2022.

Kegiatan rutinitas setiap Minggu tersebut menerjunkan puluhan petugas yang tergabung lintas sektoral Kecamatan dan Kelurahan seperti, pasukan oranye (PPSU), petugas Sumber Daya Air (SDA), Bina Marga, Kehutanan dan petugas instansi lainnya sektoral Kecamatan Menteng.

Petugas bergotong-royong mengangkut lumpur dari saluran dan membersihkan sampah, sementara petugas hijau melakukan penopingan terhadap pohon pohon rimbun yang menutupi jaringan utilitas lintas atas yang berlokasi di kawasan perumahan warga jalan Biliton RW 05 Kelurahan Gondangdia, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. 

Dalam kesempatan tersebut Wakil Camat menyampaikan harapannya kiranya kebersamaan dan kekompakan antara warga dan pihak pemerintah yang melakukan gotong royong membersihkan lingkungan ini tidak hanya waktu ini saja, namun harus terus menerus saling membantu dan selalu bekerja sama dalam menjaga kebersihan lingkungan agar selalu bersih nyaman dan asri, ucapnya. 

Pihaknya juga mengingatkan serta menghimbau seluruh pengurus RW 05 dan warga perumahan kawasan elit dan kawasan pemukiman warga lainnya supaya menggalakan kebersihan lingkungan masing masing demi kebersihan bersama.

“Seluruh warga tidak boleh membuang sampah sembarangan kalau bukan pada tempatnya seperti ke dalam saluran air sebab pada akhirnya sampah tersebut akan menyumbat saluran sehingga menimbulkan luapan air dari dalam saluran dan mengakibatkan banjir di pemukiman warga. 

Wakil Camat juga menghimbau para petugas PPSU dan petugas SDA, “agar selalu memeriksa dan mengecek seluruh salurah micro sesering mungkin dan membersihkannya, sementara sampah harus dipilah untuk mengurangi volume sampah yang menumpuk di Tempat Pembuangan Sampah(TPS) sementara,” ucap Wakil Camat. 

Sementara Lurah Gondangdia, Ikhsan Kamil menerangkan, kegiatan kerja bakti Gerebek lumpur dan sampah yang dipusatkan di Jalan Biliton RW 05 merupakan kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat permukiman untuk membersihkan saluran air supaya lancar sehingga dapat mengatasi genangan di musim penghujan demi kepentingan bersama, ujar Lurah. 

Penulis : P.Sianturi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *