Dinkes Semarang Prediksi Akan Ada Peningkatan Kasus Pasca Lebaran

Daerah380 views

SEMARANG,kabarone.com- Dinas Kesehatan Kota Semarang memprediksi akan terjadi peningkatan jumlah kasus Covid 19 setelah lebaran dikarenakan meningkatnya aktifitas masyarakat pada saat hari raya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Semarang, Muhammad Abdul Hakam memperkirakan akan terjadi lonjakan kasus Covid 19 yakni pasca libur Lebaran, atau pada periode bulan Mei hingga Juni karena masa tersebut aktivitas masyarakat akan meningkat. Bahkan dirinya memprediksi angka Covid-19 berada pada rentang 400 – 500 kasus.

” “Kami punya angka prediksi akhir Mei – Juni nanti pasca satu bulan libur Idul Fitri ada kenaikan kasus. Ini harus dicegah supaya angka terkonfirmasi bisa dikendalikan, termasuk angka kematian,” jelasnya belium lama ini.

Prediksi itu tidak lepas dari perhitungan Dinkes yang telah menghitung prediksi kasus baru harian hingga Desember 2022 yakni Rata-rata kasus harian hingga Desember nanti mulai dari nol sampai 24 kasus. Hakam menjelaskan pencegahan lonjakan kasus bisa dilakukan, dengan terus melakukan edukasi pentingnya protokol kesehatan ke masyarakat. Bahkan petugas dari puskesmas masih terus memberikan edukasi dan menghitung tingkat penerapan protokol kesehatan di masing masing Kelurahan.

Selain itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang diungkapkan Hakam juga melakukan percepatan vaksinasi. Bahkan saat ini capaian vaksinasi sudah tergolong tinggi namun untuk dosis pertama dan kedua. Sedangkan dosis ketiga masih sangat rendah yakni masih sekitar 39 persen dari sasaran yang ada.

” Semakin banyak yang dilakukan booster harapannya ketika ada gelombang kasus pada Mei bisa kami antisipasi jauh lebih bagus. Semakin ke sini, masih banyak yang terpapar tapi mortality rate bisa kami tekan karena masyarakat sudah vaksin. Semoga sehat. Seandainya terpapar, diharapkan tidak ada gejala atau gejala ringan,” terangnya.

Hakam menegaskan dengan mengikuti vaksinasi bisa meminimalisir angka kasus yang bergejala dan menekan mortality rate atau angka kematian. Hakam mengajak masyarakat yang belum melakukan vaksinasi, untuk bisa secepatnya melakukan vaksinasi di fasilitas kesehatan terdekat, temasuk mengajak masyarakat untuk tetap displin protokol kesehatan. (Amr/Hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *