HAORNAS, SMA Muhammadiyah 02 Karang Tengah OKU Timur Gelar Jalan Sehat

News301 views

OKU Timur Sumsel – SMA Muhammadiyah 02 Karang Tengah dalam rangka meperingati Hari Olah Raga Nasional (HAORNAS) dengan mengadakan kegiatan Jalan sehat. Pembukaan kegiatan tersebut dilaksanakan di Lapangan SMA Muhammadiyah 02 Karang Tengah, Desa Karang Tengah, Kecamatan Buay Madang Timur, OKU Timur, Sumatera Selatan pada Kamis (08/09/2022).

Kegiatan tersebut mengusung tema, “Seribu Langkah Sehatkan Diri HAORNAS Memberi Arti”. Kegiatan yang diikuti kurang lebih 779 peserta dari sekolahan SMA, SMP maupun MTS di lingkungan Kecamatan Buay Madang Timur. Peserta kegiatan jalan sehat itu dari siswa dan siswi sekolahan SMA Muhammadiyah 2 Karang Tengah, SMP Muhammadiyah 2 Karang Tengah, SMP Negeri 1 BMT, SMP Charitas 03, SMP Muhammadiyah 5 Sumber Mulyo, MTs Islamiyah Sumber Mulyo, MTs NU Umbul Sari, dan SMP Dipenogoro (Tekorejo).

Kepala sekolah SMA Muhammadiyah 02 Karang Tengah, Saliah, S.Pd dalam sambutannya mengatakan dalam rangka memperingati Hari Olahraga Nasional semoga pertemuan kita pada hari ini akan mendapatkan ridho dari Allah SWT. Kepada seluruh peserta jalan santai kami ucapkan Terima kasih. Bapak maupun Ibu, dan Siswa yang sudah hadir dalam undangan jalan santai, kami ucapkan terimakasih kasih.

Beliau, menjelaskan bahwa peringatan hari olahraga nasional yang seharusnya jatuh pada tanggal 09 September 2022, dengan berbagai macam pertimbangan dilaksanakan pada Kamis 08 September 2022. Beliau juga mengharapkan silaturahmi yang terjalin pada agenda Haornas dapat menambah eratnya silaturahmi, dan persaudaraan erat antara SMA Muhammadiyah 02 Karang Tengah, SMP maupun MTs yang ada di sekitar Buay Madang Timur.

“Harapan kami dengan mengadakan hari olahraga nasional maka dijiwa kita termotivasi untuk mengadakan kegiatan-kegiatan olahraga. Sehingga nantinya menjadikan kita menjadi sehat menunjang hati kita sehat pula. Maka, marilah kita semua bersemangat melaksanakan hari olahraga ini dengan se-semangatnya hingga akhirnya tercipta jiwa yang sehat dan juga raga yang sehat,” ungkap Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 02 Karang Tengah itu.

Ketua PCM Buay Madang Timur, H. M. Sholeh dalam sambutannya mengatakan barang siapa yang senang dengan silaturahmi dan menyambut silaturahmi maka akan dipanjangkan umurnya dan dimurahkan rejekinya. Silaturahmi adalah suatu ibadah sekaligus Allah menjanjikan.

“Sesuai Visi dan misi Muhammadiyah dihimbau dari pimpinan pusat Muhammadiyah untuk sama-sama menggerakkan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) di sekolahan. Sekolah ini sebagai media dakwah, sebagai pionernya, dalam rangka dalam pencapaian tahun ini ikut merayakan event Muktamar Muhammadiyah ke-48 tahun. Dengan semboyan yang harus diwujudkan, Memajukan Indonesia, Mencerahkan Semesta,” terang Ayahanda Sholeh.

“Harapan kami, terutama kepada adik-adik kami yang ada di SMA Muhammadiyah 02 Karang Tengah, dan adik-adik yang nantinya akan menjadi pelajar SMA Muhammadiyah, nantinya dapat sinergi, selaras. Tujuannya tidak ada yang lain adalah untuk memajukan Indonesia memajukan semesta,” tambahnya.

Kepala Desa Karang Tengah, Rahmanto, A.Md dalam sambutannya mengatakan pada kesempatan ini atas nama kepala desa dan juga atas nama alumni SMA Muhammadiyah 02 Karang Tengah. Dulu pada tahun 1992 lulus dari SMA Ini, inilah kebanggaan saya sebagai alumni SMA Muhammadiyah 02 Karang Tengah.

“Mudah-mudahan kegiatan ini akan memicu kita, akan memacu kita untuk menjadikan badan kita sehat, karena pepatah mengatakan ‘Mens sana in corpore sano’ berarti di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. SMA Muhammadiyah 02 Karang Tengah adalah kebanggan Desa Karang Tengah” tegas Bapak Rahmanto.

Beliau juga mengutip pepatah atau punjagga yang maknanya bahwa pemuda yang sekarang adalah pemimpin negara yang akan datang, ditangan pemuda lah maju mundurnya suatu bangsa akan dipertaruhkan.

“Dengan pujangga itu saya ingin menyampaikan kepada Adik-adik sekalian yang merupakan pemuda dan pemudi harapan bangsa yang akan datang. Ditangan kalianlah maka kemajuan bangsa Indonesia, kemajuan Kabupaten OKU Timur ini dipertahankan, semoga Adik-adik menjadi pemimpin masa depan,” tambah Bapak Rahmanto yang juga alumni SMA Muhammadiyah 02 Karang Tengah itu.

Sementara itu Ketua Pelaksana Kegiatan, Muhsin, S.Sos mengatakan kegiatan jalan sehat ini mengajak warga sekolah untuk menyadari pentingnya hidup sehat minimal berjalan kaki seribu langkah perhari, berjalan kaki secara teratur sebagaimana tema kegiatan seribu langkah sehatkan diri, HAORNAS memberi Arti.

“Kegiatan jalan sehat ini bentuk keperdulian terhadap kesehatan warga sekolah Se-Buay Madang Timur. Meningkatkan kecintaan terhadap hidup sehat, mampu memberikan kegiatan positif bagi warga sekolah Se-Buay Madang Timur,” terang Kakanda Muhsin kepada awak media pada Kamis (08/09/2022).

“HAORNAS diharapkan dapat menjadi wadah bagi kegiatan-kegiatan positif, untuk menuju masyarakat sehat. Kegiatan jalan sehat ini dalam rangka memperingati HAORNAS yang sebenarnya jatuh pada tanggal 09 September 2022,” tambahnya.

Kegiatan jalan sehat itu berjalan dengan lancar dan semarak. Adapun rute jalan sehat yang diadakan SMA Muhammadiyah 02 Karang Tengah dari Desa Karang Tengah (sekolah) BK 5, kemudian jalan Tempel Sari sampai jalan Tegal Sari dan kembali ke sekolah, kurang lebih 4 Km. Selesai jalan sehat diadakan pengudian kupon berhadiah dengan hadiah bervariasi dari panitia, dengan hadiah utama meliputi kulkas, kompor gas, dan kipas angin. Adapun tujuan hadiah itu untuk memotivasi berolahraga dan hidup sehat. (Penulis: Preli Yulianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *