Peresmian Pabrik Biodiesel PT. Smart TBK Tarjun Dihadiri Sekda Kotabaru Drs Said Akhmad

Daerah343 views

KOTABARU,kabarOne.com- Peresmian Pabrik pengolahan Biodiesel PT.Smart.Tbk unit tarjun di Kecamatan Kelumpang Hilir Kabupaten Kotabaru di hadiri Sekda Kotabaru Drs Said Akhmad, Rabu 21/9/2022.

Acara dilanjutkan dengan pemotongan pita oleh Sekretaris Jenderal Dewan Energi Nasional Djoko Siswanto didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Kotabaru H. Said Akhmad, Management PT. SMART. Tbk, Forkopimda, Camat Kelumpang Hilir, Forkopimca serta Tamu undangan yang berhadir.

Biodiesel adalah bahan bakar terbarukan berbahan baku lemak hewani, maupun nabati berupa, metil ester asam lemak (Fatty Acid Methyl Ester/ FAME) yang telah lama disebut sebagai pengganti minyak bumi (Petroleum Diesel).

Pabrik Pengolahan Biodiesel dibawah naungan PT.Smart.Tbk Unit Tarjun diresmikan langsung oleh Direktorat Jenderal (Dirjen) Energi Baru, Terbarukan, Dan Konservasi Energi (EBTKE), Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia.

Dalam Sambutannya Direktur Jenderal EBTKE Dadan Kusdiana yang disampaikan oleh Sekretaris Jendral Dewan Energi Nasional Djoko Siswanto mengatakan, Pemerintah sangat mengapresiasi PT. Smart. Tbk yang kembali meresmikan Pabrik pengolahan biodiesel tahap ke-2 Unit Tarjun, yang mana sebelumnya telah meresmikan Pabrik pengolahan biodiesel tahap pertama di marunda Bekasi.

Pabrik kali ini yang berlokasi di Desa Tarjun Kecamatan Kelumpang Hilir Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan memiliki lokasi yang strategis karena berada ditengah-Tengah wilayah Indonesia dan berperan penting dalam penyerapan Biodiesel ke wilayah Tengah dan Timur Indonesia, ucap Djoko.

Djoko juga berharap, semoga pabrik biodiesel tahap ke 2 PT. Smart. Tbk unit Tarjun ini dapat segera berproduksi dan komersial, tentunya setelah ijin usahanya keluar dengan tetap memperhatikan aspek kecermatan kerja dan perlindungan lingkungan, sehingga dapat memberikan kontribusi dalam program mandatori Bahan Bakar Nabati (BBN) dan mendukung pembangunan berkelanjutan Nasional, ujarnya.

Sementara itu, Budiono Muljono CEO Downstream PT. SMART. Tbk mengatakan peresmian pabrik biodiesel tahap ke 2 yang dilaksanakan pada hari ini merupakan Komitmen PT. Smart. Tbk untuk mensuport program-program Pemerintah untuk Menuju B40.

Dengan beroprasinya pabrik biodiesel ini, kami berharap dapat memberikan dampak positif untuk Kabupaten Kotabaru seperti terbukanya lowongan kerja baru, berkembangnya industri-industri pendukung serta adanya investasi pendukung seperti perpanjangan Jeti dan bekerja sama dengan PLN untuk menambah daya listrik yang diperlukan, ungkap budiono

Sebagai perusahan kelapa sawit dengan bisnis model yang terintegrasi dan berkelanjutan terangnya, PT. SMART. Tbk berkomitmen untuk menerapkan kegiatan oprational prusahaan dengan mengacu kepada praktek-praktek terbaik serta regulasi yang berlaku baik dari Pemerintah Daerah maupun Nasional.

Pabrik biodiesel ini pun, dibangun secara terintegrasi sehingga ketersedian bahan baku dari awal sampai distribusi produk dapat terkelola dengan baik.(HRB)

By; Diskominfo/ Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *