DPRD Lamongan Anshori Mendesak Pemkab Untuk Mencari Solusi Dalam Menyikapi Kesulitan Para Petani Mendapatkan Pupuk Subsidi

Politik257 views

LAMONGAN Kabar One.com – Memasuki awal musim tanam kali ini kebutuhan pupuk bersubsidi langkah dan para petani di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, menjerit.

Hal tersebut diungkapkan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lamongan dari Partai Gerindra Anshori kepada awak media Kabar One.com mendesak pemkab untuk mencari solusi dalam menyikapi kesulitan para petani mendapatkan pupuk subsidi.

Bagaimana tidak, petani di wilayah Lamongan mulai “menjerit” karena tengah kesulitan menemukan pupuk subsidi di pasaran. Kelangkaan pupuk itu telah dialami petani sejak dua pekan lalu sampai saat ini, padahal persiapan awal musim tanam.
” Terlebih, saat ini petani tengah memasuki awal musim tanam yang sangat membutuhkan pupuk dari pemerintah atau pupuk bersubsidi.

Masih menurut Anshori,Harus segera di carikan solusi terkait keluhan petani, karena saat ini mereka sangat butuh pupuk di musim tanam,” desak Anshori, Anggota DPRD Lamongan dari Partai Gerindra.

Saya minta Dinas Ketahanan Pangan dan Perkebunan Kabupaten Lamongan segera turun langsung ke lapangan, baik itu ke distributor, kios, poktan dan penyimpanan gudang pupuk subsidi. masyarakat petani butuh kehadiran pemerintah di tengah- tengah persoalan kelangkaan pupuk.

Lebih lanjut Anshori anggota DPRD asal kecamatan Turi menyampaikan” tadi kita banyak dapat laporan dari para petani di beberapa kecamatan, terkait minimnya pupuk subsidi yang di salurkan ke petani, selain itu harga pupuk juga ada yang di jual antara 130-150 ribu bahkan ada yang 200 ribu atau dengan kata lain melebihi HET. Tadi kita udah mendapatkan beberapa orang yang mau testimoni terkait harga pembelian pupuk yang jauh di atas HET, ada juga yang melaporkan penjualan pupuk di luar wilayahnya. Nanti mereka kita undang di rapat dengar pendapat dengan dinas pertanian, distributor dan perwakilan kios. kalau nanti terbukti, kita akan rekomendasi untuk mencabut izin pendistribusian pupuk.

Tadi juga saya udah minta ke teman-temen komisi B untuk segera melakukan rapat penjadwalan RDP, karena laporan dari masyarakat udah cukup banyak dan mendesak karena udah mulai musim tanam. Selain itu, saya meminta untuk segera melakukan percepatan penyaluran pupuk subsidi sampai di tangan petani untuk jatah pupuk akhir tahun ini,” katanya, Jum’at (28/10).

Lebih lanjut Anshori Anggota DPRD Fraksi Gerindra ini dengan nada marah menyatakan, jangan ada yang bermain-main dengan pupuk subsidi untuk mencari keuntungan di luar aturan yang sudah ada, karena ini menyangkut nasib petani, nasib wong cilik, saya yakin nanti ada karmanya kalau masih ada yang bermain-main dengan pupuk subsidi. terkait hal ini saya mendukung penuh aparat penegak hukum melakukakan pengawasan penyaluran pupuk, kalau ada yang menyalahi aturan langsung di tindak,” ungkapnya( As).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *