Wujud Toleransi Umat Beragama Satpol PP Jakpus Gelar Bersih Bersih Tempat Ibadah

Metropolitan169 views

Jakarta, Kabarone.com,-Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat menggelar aksi bersih-bersih tempat ibadah Gereja jelang perayaan Natal 2022.

Dengan menerjunkan pasukan orange petugas kebersihan dan aparat lainnya dalam aksi bersih-bersih kawasan tempat ibadah. Kegiatan tersebut dilakukan untuk memberikan kenyamanan terhadap jemaat yang akan melaksanakan ibadah Natal umat Kristiani.

Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma saat memimpin apel kerja bakti menjelaskan, kegiatan bersih-bersih yang diinisiasi Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setiap Kecamatan satu Gereja seperti di kawasan Gereja Immanuel Gambir, Gereja Ayam Sawah Besar, GKI Menteng dan lain-lain.

Bersih-bersih tersebut melibatkan sekitar 250 petugas yakni, Satpol PP, Suku Dinas (Sudin) Lingkungan Hidup (LH), petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) kelurahan dan Sumber Daya Air (SDA), Bina Marga (BM), Perhubungan, Sudin Pertamanan dan Hutan Kota serta Jemaat gereja yang turut serta dilibatkan untuk bergotong-royong membersihkan lingkungan Gereja.

“Kegiatan ini merupakan  wujud rasa toleransi antar umat beragama, saling menghormati sekaligus memberikan ruang yang baik untuk umat Kristiani dalam melaksanakan ibadah Perayaan Natal,” ungkap Wali Kota, 21/12/2022.

Mumuh Mulyana Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) LH Kecamatan Gambir menuturkan, ada 21 M3 yang terkumpul dibersihkan dengan peralatan manual.

Seluruh sampah langsung dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA), Bantargebang,” kata Mumuh.

Sedangkan, Pendeta GPIB Immanuel Abraham mengapresiasi jajaran Pemkot Jakarta Pusat dengan semua komponennya yang melaksanakan bersih-bersih di lingkungan Gereja,

Bersih-bersih lingkungan Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat (GPIB) PNIEL atau yang lebih dikenal dengan nama Gereja Ayam, Jalan H. Samanhudi, Pasar Baru, Sawah Besar. Pelaksana Tugas (PLT) LH Kecamatan Sawah Besar, Badri menambahkan, Gereja Pniel (Gereja Ayam) terletak di Jalan Samanhudi dipilih sebagai lokasi bersih-bersih karena merupakan merupakan cagar budaya.

“Kami bersih-bersih bersama Satpol PP, Gulkarmat dan PPSU Pasar Baru meliputi bagian luar halaman gereja dan bagian dalam juga seperti pembersihan rumput liar, penyapuan halaman, pembuangan puing-puing liar dan penyemprotkan disinfektan, ujarnya.

Bersih-bersih di GKI Menteng Jalan Latuharhary diterjunkan Srikandi Satpol PP yang ditinjau langsung Kasatpol PP Jakarta Pusat, Tumbur Parluhutan Purba. Kegiatan ini dilaksanakan di tiap Kecamatan, ucapnya. 

Penulis : P.Sianturi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *