Pro Kontra Pembangunan Median Jalan, DPRD Kotabaru; Pekerjaan Dilanjut Setelah Jalan Dilebarkan

Daerah454 views

KOTABARU,kabarOne.com- Akibat menuai pro kontra di tengah masyarakat, DPRD Kotabaru rekomendasikan penghentian sementara pengerjaan median jalan veteran dan jelapat dengan dasar rekomendasi RDP.

Ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis mengatakan, selesaikan pelebaran jalan dulu baru di lanjutkan pembangunan median jalan dan terlebih dahulu dilakukan rekayasa jalur, layak tidaknya, jika layak baru dilanjutkan, ujar Syairi Mukhlis, Selasa 7/3/2023.

Sementara untuk median jalan yang sudah terpasang tidak dilakukan pembongkaran, yang sudah terpasang ya sudahlah, tapi jangan melanjutkan dulu, lebarkan dulu jalannya.

Syairi menyayangkan, pengerjaan median jalan yang dilakukan berbarengan dengan pelebaran jalan sehingga mengakibatkan semakin sempitnya ruang gerak pengguna jalan.

Kawasan daerah perkotaan yang dilakukan pelebaran tidak dipungkiri terlalu sulit dilakukan, karena menggunakan biaya besar dan kawasan itu sudah banyak pemukiman warga.

Ke depannya agar peraturan benar ditegakkan Pemerintah, terkait izin bangunan dan digunakannya trotoar tidak sesuai fungsinya, pintanya.

Terpisah, Sekda Kotabaru Said Akhmad mengatakan, terkait median jalan yang saat ini ini di kerjakan pasti ada pro dan kontrak, pro kontra itu biasa.

Tujuan Pemerintah tidak lain demi kenyamanan masyarakat meski tak terlepas adanya kekurangan, kata Sekda.

Sekda memastikan kawasan yang sudah tumbuh pemukiman penduduk berat dilakukan pembebasan, selain biaya yang besar juga banyak warga yang tidak bersedia.

Disitu tidak hanya memikirkan pelebaran, tapi ada dampak sosialnya, dengan adanya median jalan itu untuk mengubah kebiasan pengguna jalan agar lebih teratur berkendara, ujar Sekda.

Ini juga demi keindahan kota, mungkin ada beberapa titik akan dilakukan revisi seperti adanya genangan, setelah adanya masukan masyarakat, Pemda perlu juga masukan dari masyarakat, tutup Sekda.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *