UAD Ikuti MTQMN UNY 2023 Raih Juara

News162 views

YOGYAKARTA, kabarOne.com – Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional Universitas Negeri Yogyakarta #3 Tahun 2023 dengan tema “Membangun Mahasiswa Intelektual Berjiwa Qur’ani sebagai Aksi Nyata Akselerasi Peradaban Negeri” berlangsung pada 18 Maret 2023 – 2 April 2023 secara online dan langsung dilanjutkan dengan babak final. Kegiatan berlangsung di Gedung Digital Library UNY dan peserta lomba bergabung secara daring.

Dikatakan Rahmadi Wibowo Suwarno, Lc, MA, MHum, Kepala Lembaga Pengembangan dan Studi Islam, UAD ikuti kegiatan itu sebagai ajang silaturahmi antarmahasiswa dari Perguruan Tinggi. “Dan meningkatkan semangat mempelajari Al-Quran serta pengetahuan tentang keislaman,” kata Rahmadi.
Selain itu, MTQMN UNY #3 Tahun 2023 adalah ajang perlombaan di bidang Al-Qur’an yang memadukan antara berbagai disiplin ilmu tentang Al-Qur’an.
Selaku pelatih tim nasyid, Nurjanah, SKM, menyampaikan, kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi antarmahasiswa dari Perguruan Tinggi di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. “Juga sebagai wadah syiar Islam untuk mendekatkan mahasiswa kepada kitab suci Al-Qur’an dan meningkatkan semangat mempelajari serta mengamalkan Al-Qur’an,” kata Nurjanah selaku pembina bakat minat bidang seni suara Bidang I Pokpresma Bimawa UAD.
Dijelaskan Yahya Hanafi, MSc selaku Ketua Panitia Seleksi dan Pembinaan Internal UAD, dalam kegiatan tersebut diikuti 1.357 mahasiswa peserta musabaqah dari 111 universitas dari 22 provinsi di Indonesia.
Selaku penanggung jawab kegiatan, Danang Sukantar, MPd menyampaikan bahwa MTQMN UNY #3 ini terdapat 12 kategori yang diperlombakan, yaitu Musabaqah Tilawatil Qur’an, Musabaqah Tartilil Qur’an, Musabaqah Hifdzil Qur’an (10 Juz, 20 Juz), Musabaqah Fahmil Qur’an, Musabaqah Syarhil Qur’an, Musabaqah Khaththil Qur’an (Kontemporer/Dekorasi), Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an, Musabaqah Desain Aplikasi Al-Qur’an, Musabaqah Debat Bahasa Inggris Kandungan Al Qur’an, Musabaqah Nasyid, Musabaqah Pembacaan Sholawat Nabi, Musabaqah Adzan.
Sebelumnya, peserta yang mendaftar telah mengunggah dokumen, hasil karya maupun video sesuai persyaratan melalui website yang disediakan. Selanjutnya karya, dokumen maupun video tersebut dinilai 42 juri dari praktisi dan berbagai mitra universitas serta UNY untuk masuk tahapan final. “Melalui kegiatan ini diharapkan mampu menumbuhkan semangat religius mahasiswa dan sebagai syiar Al-Qur’an di lingkungan Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah,” kata Danang Sukantar, MPd selaku Kepala Bidang Pembinaan Organisasi Kemahasiswaan dan Prestasi Mahasiswa Bimawa UAD.
Mahasiswa UAD yang ikuti lomba adalah Amrinaa Rosyada (PGSD), Aqiqoh Sukma Mellani (BK), Muh. Taufiquddin (PBI), Elinsia Tahana Prananti (PBSI), Dinda Yunita (Psikologi), Galih Permadi (Sastra Inggris), Muhammad Miftahurrochman (Teknik Kimia), Muhammad Ziya Ul Albab (Ilmu Hadis), Naufal Abdul Aziz (Ilmu Hadis), Yusuf Ramadhan (Ilmu Hadis), Nailul Fauziah (Teknologi Pangan), Marhama Hasana (Sistem Informasi), Syawal Saputra (Sistem Informasi), Rikha Rahim Fatmala (Ilmu Hadis).
UAD mengikuti lomba tilawah, tartil, hifdzil, fahmil, desain aplikasi Al-Qur’an, adzan, khatil, syarhil dan nasyid. Kali ini berhasil menjuarai 5 cabang lomba: nasyid (juara 1), adzan (juara 2 dan 3), tilawah putra (juara harapan 1), khatil kontemporer (juara harapan 1) dan desain aplikasi Al-Qur’an (juara harapan 2).
“Dari 12 cabang lomba yang diselenggarakan pada kegiatan tersebut UAD mengikuti 10 cabang,” terang Danang Sukantar.
Menurut Danang, MTQMN UNY sistem lombanya adalah tahapan penyisihan dan final. Ada pula yang hanya sekali tahap berupa pengiriman karya langsung penjurian menentukan juara. Cabang lomba dengan tahap penyisihan dan final: tilawah, tartil, desain aplikasi, karya tulis dan fahmil.
“Ke depan bisa mengikuti MTQMN yang diadakan Kemendikbudristek,” kata Danang, yang menerangkan dari cabang nasyid dipersiapkan untuk ikut lomba vokal grup di UNY. (Fan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *