Wujudkan Sistem Digitalisasi LPP RRI Tandatangani MoU Bersama Kementerian UMKM

Bisnis64 views

Jakarta Kabarone.com,-Untuk mewujudkan sistem digitalisasi, Lembaga Penyiaran Publik Radio Republik Indonesia (LPP RRI) tandatangani nota Kesepahaman kerja sama Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kementerian Koperasi dan UKM RI,   bertempat di Galeri Tri Prasetya RRI Jakarta, Senin 10/4/2023.

Hendrasmo, Direktur Utama Lembaga Penyiaran Publik RRI, mengatakan bahwa penandatanganan nota kesepahaman MoU tersebut merupakan kesiapan mewujudkan digitalisasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Pihak LPP RRI dalam hal ini Dirut, sangat mengapresiasi dan menyambut baik terobosan kerjasama yang dilakukan pihak Kementerian Koperasi dengan LPP RRI dalam mengakselerasi transformasi digitalisasi UMKM. Kerjasama itu diantaranya melalui pendampingan informasi, literasi keuangan digital, data base UMKM dan program pendukung lainnya.

Hendrasmo meyakini LPP RRI dapat membantu wujudkan kemajuan UMKM melalui digitalisasi. Sebab, RRI memiliki jaringan sampai dengan tingkat desa hingga ke lokasi terpencil sehingga dapat memberikan literasi ke masyarakat persoalan UMKM.

“RRI memiliki kedekatan dengan rakyat, kedekatan dengan UMKM melalui masing-masing Satuan Kerja (stasiun, jaringannya) di daerah. Untuk itu, RRI memiliki komitmen kuat bagi kemajuan UMKM di Indonesia, dan menjadi satu-satunya Radio yang memiliki perhatian khusus kepada UMKM,” ucapnya.

Hendrasmo memberikan salah satu contoh saat ini RRI sedang mengembangkan platform Digital Play Go. Nantinya, platform tersebut menjaring komunitas ekonomi digital, mendorong UMKM untuk terdaftar dalam Nomor Induk Berusaha (NIB).

Lebih lanjut disampaikan, platform tersebut akan memberikan informasi mengenai KUR UMKM dari Bank penyalur kepada penerima manfaat. Selain itu RRI juga terus mengedukasi masyarakat tentang literasi keuangan digital.

“RRI sebagai radio UMKM akan terus membuka ruang-ruang publik dan memanfaatkan seluruh infrastruktur kami di seluruh Indonesia. Nantinya akan sebagai katalisator dan hubungan bagi kemanfaatan UMKM,” ujarnya.

Menurut Hendrasmo, LPP RRI sebagai radio UMKM sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo yang terus memberikan perhatian kepada UMKM. Oleh sebab itu, pihaknya meyakini UMKM akan dapat naik kelas dan bersaing global.

“Pada tahun 2024 nanti, Pemerintah mentargetkan sebanyak 30 juta UMKM onboarding digital. Saya meyakini target tersebut tercapai melalui kerjasama, kolaborasi, dan sinergitas antar lembaga,” ucap Hendrasmo.

Dalam acara MoU LPP RRI dengan Kemenkop UKM juga menggelar bazaar Ramadan. Bazar itu diikuti 50 UMKM dengan menggandeng HPN (Himpunan Pengusaha Nahdliyin).

Adapun kategori fashion diikuti Craft, Kuliner, dan juga kegiatan Fashion Week Syar’i, Beauty Class. Lalu ada acara pendampingan pembuatan legalitas seperti NIB, PIRT, dan sertifikasi halal.

Selain itu juga ada acara talkshow kesehatan, demo masak, live akustik, dan doorprize. Acara itu diselenggarakan dari tanggal 10-14 April 2023 di Galeri Tri Prasetya RRI.

Penulis : P.Sianturi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *