Stand Kec. Kelumpang Tengah Di Penuhi Produk Ulahan Dari 13 Desa, Sari Tipakan Gula Habang Dan Sasirangan Jadi Produk Utama

Daerah107 views

KOTABARU,kabarOne.com- Kecamatan Kelumpang Tengah ikut berpartisipasi dalam rangkaian memeriahkan Saijaan Expo 2023 dengan membuka stand untuk menampilkan beberapa produk unggulan dari Desa-Desa yang ada di Kecamatan Kelumpang Tengah.

Dimana stand Kecamatan Kelumpang Tengah dipenuhi dengan berbagai macam produk dari Desa, mulai dari hasil olahan berupa jajanan, dan minuman herbal Sari Tipakan Gula Habang dari Desa Geronggang bahkan kain Sasirangan dari Desa Tanah Rata pun ditampilkan di ajang pembukaan Saijaan Expo tahun 2023 di Objek Wisata Siring Laut Kotabaru, Sabtu 20/5/2023.

Plt. Camat Kelumpang Tengah H. Johansyah, S.sos, M.IP mengatakan, ada beberapa produk yang ditampilkan di stand Kecamatan Kelumpang Tengah di Saijaan Expo 2023.

“Beberapa produk yang ditampilkan di antaranya dari Desa Tanjung Batu; Kue Satu, Mandai dan Madu Kelulut, Desa Sungai Pinang Dan Sungai Punggawa; Gula Habang atau Gula Aren dan Dadar Belanda, Desa Tanjung Selayar; Wadai Roti Baras, Minyak Kelapa dan wadai Ilat Sapi, Desa Senakin; Iwak Rabuk, Senakin Seberang; Sapu Lidi, Wadai Satu Kacang dan Kacang Daun Jeruk, Desa Tanah Rata; Kain Sasirangan Binaan PT Arutmin Senakin Mine.

Sementara dari Desa Sebuli; Lukah, Desa Sembilang; Wadai Dadar Belanda, Desa Geronggang; Sari Tipakan Gula Habang Binaan PT Arutmin Indonesia Senakin Mine, Desa Tamiang Bakung; Pupur Buah Limpaso, Desa Tebing Tinggi; Kerupuk Bu Dullah, Desa Sang- Sang; Teng- Teng Jahe, Keripik Tempe, Tas dari Tali, Tas terbuat dari plastik dan gelas, dan lainnya.

Camat berharap, gelaran pameran ini sukses dan bisa dioptimalkan fungsinya sebagai ajang untuk mempromosikan, supaya masyarakat tahu ada produk berkualitas buatan dari Desa sehingga warga terdorong untuk membeli dan lebih memilih produk lokal.

“Mari kita tunjukkan kepada masyarakat luas bahwa banyak produk rumahan yang ternyata berkualitas baik hasil inovasi dari Desa yang ada di Kecamatan Kelumpang Tengah, mari kita berbangga menggunakan produk lokal,” ajak Camat.

Meskipun pameran seperti ini penting dan strategis, lanjutnya, namun pameran saja tidak cukup, promosi juga harus dilakukan dengan menyesuaikan perkembangan jaman.

“Promosi produk ulahan harus ditingkatkan melalui jalur online, ditempatkan di toko-toko. Jadi, para pelaku usaha harus belajar platform digital. Usaha harus bisa naik kelas baik secara mindset maupun omset,” pungkasnya.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *