Peringati Hari Lingkungan Hidup, PT Arutmin Indonesia Motori Bersih- Bersih Pantai Bersama Masyarakat

Daerah97 views

KOTABARU,kabarOne.com- Sebanyak 350 kg sampah non organik dan 50 kg sampah organik dikumpulkan dalam Aksi Bersih-Bersih Pantai Senakin di Desa Senakin Kecamatan Kelumpang Tengah Kabupaten Kotabaru yang dilaksanakan oleh PT Arutmin Indonesia bersama kontraktor dan masyarakat sebagai rangkaian kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia Tahun 2023.

Sekitar 200 orang terlibat dalam kegiatan ini, mulai dari Forkopimcam Kelumpang Tengah, Kepala Desa dan perangkatnya, organisasi pecinta lingkungan dan LSM, pelajar, Karyawan PT Arutmin, kontraktor dan subkontraktor, tokoh masyarakat dan nelayan Desa Senakin, Sabtu 10/6/2023.

Plt. Camat Kelumpang Tengah H. Johansyah,S.Sos, M.IP dalam sambutannya mengapresiasi semua pihak khususnya PT Arutmin yang memotori Aksi Bersih-Bersih Pantai Senakin dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan khususnya dalam mengendalikan sampah plastik.

Kita sadari betapa pentingnya kebersihan, kesehatan sehingga memacu kita untuk beraktivitas dan bekerja, berinovasi serta berkarya bagaimana nantinya kebersihan lingkungan yang ada di wilayah Kelumpang Tengah.

Di momen hari lingkungan hidup sedunia yang di peringati setiap tanggal 5 Juni 2023, menurutnya kebersihan sangatlah penting, terlebih menjaga kebersihan di lingkungan sekitar Desa Senakin ini, dan mari sama-sama kita dukung aksi bersih-bersih sampah pada hari ini, ujarnya.

“Kebersamaan ini harus kita rawat, karena momentum Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023 adalah salah satu momentum kebersamaan di mana kita membina kebersamaan dan sekaligus menjaga lingkungan tetap nyaman dan bersih,” katanya.

Sementara supervisor Enviro PT Arutmin Indonesia Senakin Mine Nanang Riduan mengatakan, kegiatan hari lingkungan hari ini di laksanakan secara serentak di seluruh Indonesia yang berpusat di Balikpapan Kalimantan Timur dan kita di minta untuk seluruh Indonesia melaksanakan hal yang sama.

Tujuannya untuk apa? Untuk share dan mengajak ke hati- hatian kita agar kita peduli dengan laut supaya tidak terlalu banyak di cermari oleh sampah plastik .

Jadi kita hadir disini bukan hanya sekedar bersih-bersih tapi minesite kita adalah peduli dengan sampah plastik jangan sampai turun ke laut, kalau di darat masih ada binatang atau kita yang menemukan untuk di bakar, tapi kalau sudah masuk ke laut maka sampah plastik akan awet selamanya.

Kalau orang gunung biasanya masih ketemu bak sampah tapi kalau di pantai hanya laut dan siapa yang merasakannya, ya nelayan yang mengambil rezeki di laut, terangnya.

Seluas apa plastik menutupi dasar laut maka seluas itulah lokasi yang tidak baik buat ikan-ikan untuk hidup, intinya jangan sampai sampah plastik jatuh ke laut dan perangi polusi plastik.

Laut itu luar biasa dan ia akan menerima semua kelakuan yang didarat, kalau lagi keruh ia akan menjernihkan, keasaman ia akan menetralkan itulah laut, tutupnya.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *