Angin Segar Bagi Petani Di Kotabaru, Benih Padi Inbrida sawah Akan Disebar Gratis

Daerah100 views

KOTABARU,kabarOne.com- Bantuan benih padi sawah Inbrida kepada para petani melalui kelompok tani merupakan program kementerian Pertanian guna mendukung kedaulatan pangan, dimana bantuan benih padi ini bertujuan untuk mendorong produktivitas petani menjadi lebih baik.

Beberapa waktu lalu Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kotabaru menerima bantuan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan berupa bantuan benih padi Inbrida sawah seluas 500 Hektar dan menjadi angin segar bagi kelompok tani di sembilan Kecamatan di Kabupaten Kotabaru.

Sembilan Kecamatan yaitu, Kec. Pulau Laut Tanjung Selayar, Kec. Pamukan Selatan, Kec. Pulau Laut Timur, Kec. Pulau Laut Tengah, Kec. Kelumpang Selatan, Kec. Kelumpang Utara, Kec. Kelumpang Tengah, Kec. Pulau Laut Kepulauan dan Kec. Pulau Sebuku.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kotabaru Saperiani, S.ST melalui Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Edi Rahmadi mengatakan, untuk tahun 2023 ini Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kotabaru mendapatkan bantuan dari APBN melalui Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan seluas 500 Hektar benih padi Inbrida sawah dan masing-masing bantuan itu nantinya akan di sebarkan di sembilan Kecamatan yang ada di Kabupaten Kotabaru.

Lebih lanjut di katakannya, dan bantuan ini sudah di droping oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi, jadi pihak kami langsung terima berupa benih, dan masing-masing akan menerima bantuan benih sebanyak 25 kg dalam perhektarnya melalui kelompok-kelompok tani yang ada di sembilan Kecamatan tersebut.

“Jadi bantuan benih ini di bagi berdasarkan usulan dari PPL dan masing-masing kelompok berbeda-beda mendapatkan bantuannya, tergantung luas lahan kelompok serta berapa banyak anggotanya yang siap”, ujarnya Senin 24/7/2023.

Ia menambahkan, sebelumnya akan di verifikasi terlebih dahulu kelompok tani mana yang memerlukan benih dengan jenis benih padi Inbrida sawah, apabila sudah ada kejelasan maka akan langsung di salurkan ke masing-masing kelompok yang ada di sembilan Kecamatan tersebut, paparnya.(HRB)

By: Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *