Sijago Merah Hanguskan Pemukiman Warga Kelurahan Petojo Selatan Gambir

Metropolitan187 views

Jakarta Kabarone.com,- Pemukiman warga di sekitar kantor pemerintah kota Administrasi Jakarta Pusat, dilalap si jago merah 23/8/2023 malam, ditengarai mengakibatkan 2 orang meninggal dunia.

Lokasi kebakaran pemukiman padat penduduk tersebut persisnya di gang Kober, Jalan Tanah Abang I, Kecamatan Gambir Jakarta Pusat. Sijago merah menghanguskan rumah warga di 4 lokasi Rukun Tetangga (RT) yakni, RT 002, 003, 004, 005 di RW 08 Kelurahan Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat.

Sebagaimana informasi yang dihimpun Media, bahwa peristiwa kebakaran itu terjadi sekitar pukul 20.20 Wib malam, dimana para warga sedang beraktifitas dalam rumah, dan anak sekolah sedang belajar di dalam rumah. Warga panik mendengar teriakan kebakaran sehingga berhamburan keluar rumah. Tidak begitu lama petugas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) datang ke lokasi memadamkan api.

Namun karena lokasi kebakaran masuk gang sehingga menyulitkan petugas melakukan penyemprotan ke titik utama asal api. Semnetara warga juga ikut melakukan pemadaman api menggunakan ember seadainya. Sebanyak 28 unit mobil Gulkarmat berdatangan ke lokasi pada pukul 20.25 Wib.

Kepala Sektor Gulkarmat Kecamatan Gambir, Topik mengatakan, pihaknya
menerima berita pada pukul 20.20 Wib. Ada sebanyak 28 unit dengan 84 petugas Gulkarmat, tiba ke lokasi pukul 20.25 wib. Setelah berupaya, api dapat dipadamkan pukul 01.55 Wib.

“Dugaan sementara penyebab kebakaran berasal dari kompor gas warga. Atas kejadian tersebut di informasikan 2 orang warga meninggal akibat kebakaran tersebut,” ungkap petugas pemadam kebakaran.

Berdasarkan informasi dari BPBD, korban kebakaran ditampung di Masjid Al Fauz sejak tadi malam. Warga sebanyak 247 jiwa mengungsi, sementara jumlah bangunan yang terbakar sebanyak 152 rumah di empat RT lingkungan RW 08 Kelurahan Petojo Selatan.

Dalam penanggulangan korban kebakaran tersebut, Suku Dinas Sosial (Sudinsos) Jakarta Pusat, telah mendirikan tenda tempat istirahat warga dan juga dapur umum penyediaan makanan. Disisi lain, Sudin Lingkungan Hidup menyediakan fasilitas 6 toilet portable dan mobil penyedot tinja, serta Sudin Kesehatan menyiapkan mobil kesehatan disiagakan di sekitar pengungsian warga.

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat, memastikan para korban kebakaran akan mendapatkan pelayanan yang layak, diberikan tempat pengungsian yang layak dan makan minum dapat terpenuhi.

Penulis : P.Sianturi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *