Sekda Kotabaru, Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunkikasi Sangat Pesat

Daerah124 views

KOTABARU,kabarOne.com- Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kotabaru Bidang komuniasi publik dan persandian menggelar sosialisasi indeks keamanan informasi (KAMI) dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kotabaru.

Mengingat perkembangan teknologi informasi dan komunkikasi yang sangat pesat dan disrupsi pola bisnis di era siber yang kini terus terjadi secara dinamis memunculkan resiko dan celah keamanan informasi.

Kegiatan secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kotabaru H. Said Akhmad, MM di Operation Room dan dihadiri SKPD terkait lingkup Pemkab Kotabaru, Selasa (21/11/2023).

Ada 3 narasumber dalam sosialisasi ini, yaitu dari Diskominfo Provinsi Kalimantan Selatan Sucilianita Akbar,SKM.MM dan Abdul Gafur, S.Pd serta dari BSSN Mochamad Jazuly,S.S.T.TP.

Sekretaris daerah Kotabaru H. Said Akhmad mengatakan, adapun evaluasi dilakukan terhadap beberapa area target penerapan keamanan informasi dengan ruang lingkup pembahasan yang juga memenuhi semua aspek keamanan yang didefinisikan oleh standar SNI ISO/IEC 27001:2009 tentang tata kelola keamanan informasi, pengelolaan risiko keamanan informasi, kerangka kerja keamanan informasi, pengelolaan informasi, serta teknologi dan keamanan informasi.

” Oleh karena itu melalui kegiatan sosialisasi ini, diharapkan penguatan yang dilakukan dalam kegiatan keamanan informasi akan mendukung penyelenggaraan sistem Pemerintah berbasis elektronik,” ucap Sekda.

Saya berharap kepada para peserta untuk dapat mengikuti kegiatan sosialisasi ini secara serius agar dapat memahami penggunaan secara mandiri tingkat kematangan/ kesiapan penerapan tata kelola keamanan informasi di unit bersangkutan.

Sementara itu Plt. Diskominfo Ir. Kamirudin mengatakan, perlunya indeks keamanan informasi adalah alat evaluasi untuk menganalisa tingkat pengamanan informasi sebuah sistem informasi untuk memberikan gambaran kondisi kesiapan dan kematangan penerapan kerangka kerja keamanan informasi didalam instansi Pemerintah.

” Dengan samakin tingginya teknologi informasi dimasyarakat dengan adanya transformasi digital menimbulkan resiko keamanan siber semakin tinggi dan rendahnya kesadaran akan tingginya keamanan informasi sehingga maraknya serangan hecker, serangan malware yang menyebabkan gangguan sampai dengan kerusakan elektronik,” jelas Kamirudin.

Ditambahkan Sekretaris Kominfo Gusti Abdul Wahid mengatakan, indeks KAMI adalah alat evaluasi untuk menganalisa tingkat pengaman informasi sebuah sistem informasi untuk memberikan gambaran kondisi kesiapan dan kematangn penerapan kerangka kerja keamanan informasi.

” Pengaman informasi merupakan sekumpulan metode untuk mewujudkan keamanan informasi yang harus dilaksanakan oleh seluruh instansi yang memilik sistem elektronik untuk mendukung kegiatan operasional,” ungkapnya.

Dengan tema “Sosialisai Indeks Keamanan Informasi (KAMI)”, karena keamanan informasi adalah mekanisme pengamanan pada data dan informasi yang bertujuan untuk menjaga kerahasiaan, integritas dan ketersediaan data dan informasi yang ada pada sistem elektronik yang dikelola oleh instansi Pemerintah Daerah.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *