Sebuku Coal Group Laksanakan Bulan K3, Kadisnakertrans; Insiden Terjadi Karena Human Error

Daerah497 views

KOTABARU,kabarOne.com- Sebuku Coal Group melaksanakan Apel Bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2024 dengan tema “Budayakan K3, Sehat dan Selamat Dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha” yang dilaksanakan di halaman kantor induk Sebuku Coal Group di Desa Selaru Kecamatan Pulau Laut Tengah Kabupaten Kotabaru, Jum’at (12/1/2024).

Bertindak sebagai Inspektur Apel Bulan K3 Kadisnakertrans Kabupaten Kotabaru Sugian Noor, S.H., MSi sekaligus membacakan sambutan dari menteri tenaga kerja RI Dr Hj Ida Fauziyah MSI.

Pada kesempatan itu Kadisnakertrans Kabupaten Kotabaru Sugian Noor, S.H., MSi memberikan apresiasi kepada Sebuku Coal Group yang telah melaksanakan upacara peringatan bulan K3 tahun 2024.

“ Apel K3 ini merupakan agenda nasional tahunan yang dimulai dari tanggal 12 Januari sampai 12 Februari. Saya menyambut baik selaku perwakilan pemerintah dan Kepala Dinas tenaga kerja bahwa yang dilaksanakan Sebuku Coal Group ini sudah sangat baik Dalam hal peralatan Sosialisasi K3” ungkap Sugian.

Lebih lanjut kata Sugian Noor, untuk PT. Sebuku Tanjung Coal (STC) Alhamdulillah secara umum K3 nya berjalan dengan baik, meskipun ada insiden yang terjadi tapi rata-rata itu terjadi bukan karena kecelakaan prosedur atau karena fasilitas, akan tetapi kebanyakan yang terjadi human error dan K3 menjadi penting karena tingkat produktivitas suatu perusahaan sangat di tentukan oleh K3.

” Jadi saya meminta kepada seluruh perusahaan yang ada di Kabupaten Kotabaru dalam menerapkan K3 ini di mulai pada saat rekrutmen tenaga kerja, jadi menerima karyawan itu memang yang memang K3 nya yang sudah tertanam atau sudah menjiwai dari awal,” harapnya.

Intinya kami meminta kepada pihak perusahaan ketika melakukan rekrutmen lebih teliti tentang semangat K3 dari orang yang akan di rekrut.

” Karena masuk ke perusahaan bukan memerlukan orang yang hebat atau terampil, tapi kepada orang yang peduli terhadap K3 dulu, masalah keahlian bisa di tingkatkan, akan tetapi jiwa dan semangat maupun keteladanan dalam K3 ini menjadi lebih penting,” paparnya.

Karena K3 ini sangat menentukan keberlanjutan produktivitas sekaligus juga menyangkut kepentingan aset-aset perusahaan.

Jadi hari ini di peringati K3 merupakan suatu bukti Sebuku Coal Group bahwa perusahaan ini memiliki komitmen yang kuat untuk meningkatkan K3, melaksanakan prosedur K3 dan menjalankan prinsip-prinsip K3.

”Pada prinsipnya kami mendukung program program yang akan dan sudah dilaksanakan oleh Sebuku Coal Group dalam peningkatan produktivitas, K3 sesuai dengan arahan ibu menteri tenaga kerja,” ujar Sugian.

Dan harapan saya tidak ada kecelakaan kerja, itu yang paling pokok dengan adanya kita disiplin dapat menekan seminim mungkin kecelakaan kerja, kalau sudah kita berbuat namun masih ada sesuatu diluar kemampun kita serahkan kepada allah SWT.

” Terimakasih kepada Sebuku Coal Group sudah memperkasai kegiatan hari ini, dan mudah-mudahan ini menjadi contoh bagi yang lain, karena bagaimanapun juga K3 harus di mulai saat memulai pekerjaan sampai dengan kembali ke rumah dengan selamat,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Teknik Tambang PT. Sebuku Sejaka Coal (SSC) Luhut HT Siregar mengatakan, Sebuku Coal Group memang ada regulasi dari pemerintah, kementerian tenaga kerja dan ESDM sebagai pemberi izin, jadi Sebuku Coal Group akan melaksanakan aturan-aturan dan program-program K3 yang sudah di tetapkan Kemenaker dan ESDM.

Standar- standar yang mereka terapkan dan itu yang akan di lakukan oleh Sebuku Coal Group, jadi setiap hari di lakukan membangun budaya K3 untuk karyawan, attitude herbit, karena attitude herbit ini yang perlu di tumbuhkan.

Di tambahkan Luhut, karena kecelakaan itu di sebabkan tindakan tidak aman, keadaan tidak aman, dan itu setiap hari di lakukan oleh Sebuku Coal Group ketika mengawali kerja untuk selalu mengingatkan kepada karyawan supaya attitude herbit itu selalu ada.

” Jadi Sebuku Coal Group tidak ingin ketika ada kecelakaan baru akan sibuk mengenai K3, artinya sebelum ada kecelakaan dan tidak berharap ada kecelakaan, tapi kita sudah membuat mereka agar supaya lebih sadar mengenai K3 ini,”jelasnya.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *