Dorong Pemanfaatan Potensi Lokal, PT. SSC Latih dan Berikan Modal Usaha Untuk UMKM

Daerah283 views

KOTABARU,kabarOne.com- PT. Sebuku Sejaka Coal Latih dan berikan modal usaha UMKM di wilayah sekitar Tambang untuk mendorong capaian pembangunan berkelanjutan (SDGs).

Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi pembangunan berkelanjutan diwilayah sekitar tambang melalui Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Tahun 2024 dalam bidang Program Permodalan & Pelatihan UMKM.

Hilmy, CSR PT. SSC mengatakan, dalam hal ini PT. Sebuku Sejaka Coal (SSC) membina UMKM yang ada di Desa Bekambit dengan menggandeng Ibu Rumah Tangga dan kerjasama dengan Pemilik Usaha Abon Ikan Terkemuka di Kabupaten Kotabaru.

Melalui program ini, PT. Sebuku Sejaka Coal memberikan pelatihan serta permodalan kepada UMKM lokal yang memiliki potensi dan keseriusan dalam mengembangkan produk-produk yang memanfaatkan potensi sumber daya alam lokal, seperti Ikan Gabus atau yang biasa dikenal dengan Iwak Haruan yang berasal dari Desa Bekambit Kecamatan Pulau Laut Timur.

“Kami melakukan program pelatihan dan permodalan UMKM ini secara berkesinambungan, dan dukungan yang diberikan PT, SSC untuk UMKM harapannya dapat secara langsung mendorong pertumbuhan UMKM khususnya yang berada di wilayah sekitar perusahaan,”ungkapnya, Minggu (4/2/2024).

Selain itu tujuan dari program ini salah satunya adalah mendorong pemanfaatan potensi lokal agar bisa diolah dan dipasarkan secara lebih luas untuk menambah nilai dari produknya itu sendiri.

Menurut Hilmy, selain untuk mendorong UMKM melalui program CSR, pihaknya turut bekerjasama dengan Dinas terkait yang ada di Kabupaten Kotabaru dalam hal pembinaan UMKM, yang tujuannya agar cakupan pemasaran produk UMKM ini dapat lebih luas dan hasilnya dirasakan secara langsung oleh pelaku UMKM.

Program ini juga dilakukan untuk berperan secara aktif dalam mewujudkan SDGs (Sustainable Development Goals), karena UMKM memiliki kontribusi yang besar bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

“Kedepan, PT. SSC juga berkomitmen untuk membantu UMKM binaannya agar bisa menjadi UMKM yang Go-Digital yang mampu memanfaatkan sarana teknologi dan informasi untuk meningkatkan pemasaran dan branding produknya,”imbuhnya.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *