Peringati Hari Bumi 2024, Pemkab Kotabaru Libatkan Perusahaan dan Pegiat Lingkungan

Daerah400 views

KOTABARU,kabarOne com- Sekda Kotabaru Drs. H. Said Akhmad, MM memimpin kegiatan Hari Bumi tahun 2024 di Kotabaru dengan tema “Planet vs. Plastic” atau “Planet vs Plastik”.

di Ekowisata Puncak Meranti Desa Sebelimbingan Kecamatan Pulau Laut Utara Kabupaten Kotabaru, Senin (22/4/2024).

Pemkab Kotabaru melibatkan perusahaan Tambang dan perkebunan, seperti PT Arutmin Indonesia, Sebuku Coal Group, Indocement, Sinarmas, Sime Darby Oils dan Pertamina, pegiat lingkungan, LSM, NGO Jalak, akademisi, mahasiswa dan masyarakat melakukan penanaman pohon diarea ekowisata Hutan Meranti.

Kegiatan Hari Bumi itu diisi dengan penanaman pohon jenis Ulin, buah-buahan sekaligus penyerahan bibit jambu Jamaika dan mangga kepada perwakilan 4 Kecamatan, yaitu Pulau Laut Timur, Pulau Laut Sigam, Pulau Laut Utara dan Pulau Laut Tengah.

Sambutan Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar yang dibacakan Sekda Drs. Said Akhmad, MM mengatakan, saat ini sudah mulai kita rasakan yaitu dengan terjadinya pemanasan global, hal ini di sebabkan karena kurangnya pepohonan, krisis lahan hijau dan polusi udara, kerusakan lingkungan secara global dan ini bisa di sebabkan oleh perbuatan manusia itu sendiri dan akan berdampak kepada manusia sekitar.

Di katakan Sekda, kesadaran masyarakat yang menurun dalam menjaga dan melestarikan lingkungan juga dapat menyebabkan penurunan kualitas lingkungan.

“Untuk itu pelestarian lingkungan harus segera di lakukan, salah satunya dengan melakukan penanaman pohon yang sudah kita lakukan hari ini dalam rangka peringatan hari bumi tahun 2024, karena ini bukan tanggung jawab perorangan saja tapi merupakan kesadaran dari semua pihak secara bersama-sama,” tegasnya.

Sementara itu Kadis LH Kabupaten Kotabaru, H.M.Maulidiansyah menambahkan, Pemerintah Kabupaten Kotabaru terus berupaya terkait pengelolaan lingkungan hidup yang berkelanjutan ini.

Di bidang pengelolaan sampah, kita terus berupaya mengurangi timbulan sampah dengan sosialisasi intensif kepada masyarakat untuk pembatasan, pemilahan dan pengolahan sampah menjadi bernilai ekonomis.

“Alhamdulillah dalam 2 tahun berturut-turut Kotabaru sudah menerima penghargaan Adipura, demikian juga penghargaan terkait pengelolaan lingkungan lainnya seperti Adiwiyata untuk sekolah dan Program Kampung Iklim atau Proklim untuk desa-desa yang mampu beradaptasi dan mengantisipasi terhadap dampak perubahan iklim,” ungkap Maulid.

Di samping itu, kita terus menggalakkan program-program penghijauan
seperti Program Kotabaru Hijau, Program Mangrove for Banua, dan lain-lain, termasuk yang baru saja kita laksanakan tadi di kawasan Puncak Meranti ini.

Diakhir acara juga dilaksanakan penyerahan piagam penghargaan kepada perusahaan yang telah mendukung kegiatan Peringatan Hari Bumi Se Dunia di Kabupaten Kotabaru, diantaranya;

1. PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tarjun
2. PT Arutmin Indonesia, NPLCT
3. Sebuku Coal Group
4. PT. Sime Darby Oils
5. PT. Pertamina Energy Kotabaru
6. PT. SMART Tarjun Refinery
7. PT Arutmin Indonesia, Site Senakin
8. Bank Kalsel Cabang Kotabaru, dan
9. KPH Pulau Laut Sebuku.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *