Ini Beberapa Pemenang Lomba di Festival Kreatif Kuliner Kotabaru 2024

Daerah59 views

KOTABARU,kabarOne.com- Berakhirnya Festival kreatif kuliner Kotabaru 2024 yang diinisiasi oleh Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kotabaru, dipenghujung acara digelar lomba masak berbahan dasar Singkong dan diikuti sebanyak 28 peserta dari SKPD lingkup Pemkab Kotabaru.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemkab Kotabaru dalam memajukan wisata di bidang kuliner berbahan dasar singkong yang bertujuan untuk memperkenalkan pangan lokal dengan memanfaatkan bahan di sekitar dan menjadi olahan pangan yang bergengsi dan berdaya saing.

Dilomba ini yang menjadi juri dalam lomba masak yaitu, Chef Didi Prawiro Ketua Indonesian Chef Association BPD Kalsel dan Muhammad Novie dari ICA BPC Kotabaru, selain itu, Ketua TP-PKK Kotabaru Hj. Fatma Idiana juga menjadi dewan juri dalam lomba menu kreatif khas Kotabaru.

“Dipilihnya Singkong karena salah satu kriteria penilaian yang dilihat dari komposisi gizi dalam makanan olahan singkong, karena singkong banyak mengandung karbohidrat dan memiliki kesulitan tersendiri saat diolah”, ungkap Chef Didi Prawiro.

Lebih lanjut, kriteria dalam penilaian ada lima aspek yaitu meliputi, kreativitas dan kebersihan, teknik memasak, kostum dan terutama citra rasa serta garnish, yang paling penting citra rasa khas singkong dan komposisinya 50 persen bahan singkong dari bahan lainnya.

“Agar dapat mewakili ke tingkat provinsi kita berikan metode tehnik memasak, mengelola bahan makanan dan lebih utama harus percaya diri,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Disparpora Kotabaru, Sonny Tua Halomoan mengatakan, bahwa semua peserta sudah ikut serta mensukseskan pariwisata Kabupaten Kotabaru.

“Dalam Festival Kuliner ini sudah dilaksanakan berbagai lomba, diantaranya lomba Menu Kreatif Kuliner, Lomba Bazar Produk Kreatif Kuliner dan hari ini lomba Masak SKPD dan Instansi berbahan dasar singkong dan sudah menyukseskan pariwisata Kabupaten Kotabaru dengan memperkenalkan ciri khas kuliner Kotabaru”, sebutnya.

Selain itu, Ia juga menghimbau untuk ikut menyemarakkan Hari Jadi Kabupaten Kotabaru ke- 74 Tahun dengan tema ”Man-julang” (Manuntungakan Amanah-Manuju Kotabaru Gemilang) artinya pencapaian tertinggi dalam sebuah proses yang nampak dan sangat terlihat menonjol ke permukaan.

Dalam kegiatan ini juga dirangkai dengan pengumuman pemenang lomba. Berikut daftar para juara; Lomba Bazzar dimana Juara 1 diraih Kecamatan Kelumpang Hilir, Juara 2 Kecamatan Pulau Laut Utara dan Juara 3 Kecamatan Pulau Laut Sigam.

Sedangkan, Juara 1 Lomba Menu Kreatif Kuliner diraih dengan nomor peserta 11 dengan Lebon Sa’ijaan, Juara 2 peserta nomor urut 02 dengan tema Puding Ubi Sebelimbingan dan Juara 3 diraih nomor urut 05 dengan Pasbabon.

Lomba Masak SKPD dan Instansi berbahan dasar singkong Juara 1 diraih Jalasenastri Kotabaru, Juara 2 Kecamatan Pulau Laut Sigam, Juara 3 Satpol PP Kotabaru dan Harapan 1 Dinas Komunikasi dan Informatika Kotabaru.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *