Sekjen Humanika : Jika Rini Dicopot, Penggantinya Harus Tetap Dari Profesional

Politik981 views

Kabarone.com, Jakarta – Pansus Pelindo II sudah merekomendasikan pencopotan Rini Soemarno sebagai Menteri BUMN. Pihak Istana juga sedang mempertimbangkan rekomendasi tersebut. Kalau seandainya Presiden Jokowi jadi melaksanakan rekomendasi tersebut, yakni memecat Rini Soemarno dari Menteri BUMN, diharapkan penggantinya tetap dari kalangan profesional.

Hal itu sebagaimana diungkapkan Sya’roni, Sekretaris Jenderal Himpunan Masyarakat Untuk Kemanusiaan dan Keadilan (HUMANIKA) kepada Kabarone.com, Selasa (22/12).

“Sangat riskan menyerahkan posisi Menteri BUMN kepada kalangan parpol. Bisa dipastikan, BUMN hanya akan menjadi bancakan dan sapi perah saja dan prinsip-prinsip profesionalisme dipastikan akan dilanggar demi memperbanyak setoran ke partai politik,” ungkap Sya’roni dengan tegas.

Lebih lanjut menurutnya, jika itu yang terjadi maka akibat berikutnya adalah manajemen BUMN menjadi amburadul, kehilangan daya kompetitifnya dan tidak menutup kemungkinan banyak BUMN yang akhirnya merugi.

“Kalau itu yang terjadi, maka rakyat juga yang harus menanggungnya melalui suntikan dana APBN,” tegasnya.

“Untuk kementerian ini, kalangan profesional masih lebih pantas untuk memimpinnya dibandingkan figur dari parpol. Meskipun intervensi parpol sulit sekali dihilangkan, setidaknya di bawah kepemimpinan kalangan profesional, intervensi itu bisa diminamilisir. Dan kementerian BUMN tidak menjadi “milik” parpol tertentu,” pungkasnya. (Dn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *