Kurangi Angka Kecelakaan Lalulintas, Polres Nias Gelar Operasi Simpatik Toba

Kabarone.com, Gunungsitoli – Polres Nias laksanakan Gelar Pasukan Operasi Simpatik TOBA 2016, Kasat Lantas Polres Nias AKP Zulhajri Ys bertindak sebagai perwira upacara, Komandan Upacara Iptu Idham Khalik, sedangkan Inspektur Upacara adalah Kapolres Nias AKBP Bazawato Zebua, SH,MH. Senin (29/02).

Kapolres Nias AKBP Bazawato Zebua, SH,MH. Membacakan amanat Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Ngadino, yang berisikan antara lain “ mengenai permasalahan Lalulintas  yang begitu kompleks tentang tingginya angka kecelakaan Lalulintas, yang disebabkan karena masih rendahnya kesadaran masyarakat dalam tertib berlalulintas, dan kurangnya pemahaman tentang rambu-rambu lalulintas, sementara rasio jumlah kendaraan setiap harinya semakin bertambah dan tidak sebanding dengan kondisi jalan yang ada “ terang Bazawato.

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa, tahun 2015 laka lantas di jajaran Polda Sumatera utara  sebanyak 5.613 kasus, meninggal dunia sebanyak 1.753 orang, luka berat 2.393 orang, luka ringan 5.892 orang. “Operasi Simpatik Toba 2016 berlangsung selama 21 hari mulai dari tanggal 01-03 s/d 21-03-2016, untuk sasaran Operasi Toba 2016 adalah mengoptimalkan  penerapan kasawan tertib  lalulintas (KTL) guna menciptakan lokasi penggal jalan dalam rangka meningkatkan Kamseltibcarlantas “ jelasnya.

Dalam sambutannya, Kapolda berharap bahwa dalam pelaksanaan Operasi Simpatik Toba 2016 ini dapat dilakukan Terobosan Kreatif dengan berbagai pendekatan dengan mengedepankan persuasif. “Juga mengharapkan kepada seluruh personil yang melaksanakan Operasi, agar menjauhi sifat arogansi, dan menghindari tindakan-tindakan yang  dapat menurunkan citra Polri di tengah-tengah masyarakat ” ujar Kapolda mengakhiri sambutan.

Pantauan kabarone di lapangan, Gelar Pasukan Operasi Simpatik Toba 2015 di Polres Nias, di hadiri oleh pasukan dari Kodim 0213 Nias, dan Dinas perhubungan, juga di hadiri oleh Dandim 0213 Nias Letkol Inf. Luhut B. Sidabariba, Wakil Bupati Nias Arosokhi waruwu, serta seluruh Kapolsek sejajaran Polres Nias. (fr.lature)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *