Bupati Bulungan Lepas Peserta Jambore Nasional Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Bulungan

Daerah, Regional639 views

Kabarone.com, Bulungan – Bupati Bulungan H Sudjati, SH melepas secara resmi Peserta Jambore Nasional (Kwartir Cabang) Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Bulungan di Tanjung Selor, Rabu (10/9/2016).

Kegiatan Jambore Nasional ini akan berlangsung di Bumi Perkemahan Cibubur mulai tanggal 14 sampai 21 Agustus 2016 mendatang. Dalam kesempatan tersebut, Sudjati mengatakan, minat generasi muda terhadap Gerakan Pramuka tampak kian berkurang. Padahal menurutnya, saat ini, masalah yang dihadapi generasi muda juga semakin meningkat.

Untuk itu menurut Sudjati, salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan meningkatkan citra Pramuka itu sendiri.

“Upaya yang bisa kita lakukan adalah membangun citra Pramuka,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan Ketua Kwarcab Kabupaten Bulungan, H AR Rasyid. Ia pun mengakui penurunan minat terhadap Pramuka ini sudah mulai dirasakan sejak tahun 2007 lalu. Sehingga Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kala itu pun memandang perlu dilakukan revitalisasi kepramukaan.

“Selama ini, Pramuka selalu diidentikkan dengan kegiatan tepuk tangan, atau baris-berbaris. Padahal sesungguhnya, Gerakan Pramuka berfungsi lebih jauh yakni membentuk karakter dan pribadi generasi muda. Sekarang banyak kejadian yang tidak kita harapkan karena memang sudah kehilangan jati diri. Kehilangan karakter, prilaku. Ini yang harus kita bentuk. Mental yang akan digembleng disana,” katanya.

Terkait kenakalan remaja yang semakin meningkat belakangan ini, dia tidak berani menjamin bahwa dengan mengikuti Pramuka, hal itu bisa berkurang dengan drastis. Namun menurutnya, setidaknya Gerakan Pramuka bisa membentengi generasi muda agar tidak terjerumus ke dalam hal-hal negatif tersebut.

“Paling tidak itu mengurangi, membentengi anak-anak kita tidak terbawa ke kenakalan remaja dan hal-hal negatif lainnya,” katanya. (Mudi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *