Puncak Peringatan Hari Pahlawan di Konut

Daerah, Regional609 views

Kabarone.com, Wanggudu – Puncak peringatan Hari Pahlawan tingkat Kabupaten Konawe Utara, Kamis (10/11) dilaksanakan pelabuhan Sahbandar Kecamatan Molawe, Konawe Utara, Dimulai pukul 09.00 wita.
Hadir dalam kegiatan tersebut Muspida Konut, Bupati dan Wakil, Ketua DPRD Konut dan Wakil serta anggota, TNI-Polri, Kajari Unaaha, Ketua PN Unaaha, Veteran LVRI, SKPD, Pelajar Pemuda Konut, para Kades Se-Kabupaten Konawe Utara.
Dalam upacara tersebut Bupati Konawe Utara bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kapten Inf Jafruddin Dan Ramil 1417-06 Lasolo sebagai Perwira Upacara, Ipda Suhermin Kapolsek ‎Wiwirano sebagai Komandan Upacara.
Dalam sambutannya Ruksamin Bupati Konawe Utara membacakan pesan moral dari Menteri Sosial. Dilanjutkan dengan pembacaan pesan-pesan perjuangan dari sejumlah Pahlawan Nasional, Jenderal Soedirman, Moh.Hatta, Pangeran Diponegoro, Pattimura, Ir.Soekarn‎o (Mantan Presiden RI-I) dan penaburan bunga di atas Kapal PT.Emar Elang Perkasa terakhir lomba perahu hias dan lomba balap katinting yang disaksikan langsung oleh para tamu dan undangan kegiatan Hari Pahlawan tersebut.
Yang bisa kita petik dalam hikmah hari pahlawan kali ini yaitu pesan perjuangan Jenderal Soedirman dimana beliau mengatakan,” Tempat terbaik saya adalah berada ditengah-tengah anak buah. Saya akan meneruskan perjuangan “Met Of Zonder, Pemerintah TNI akan berjuang terus. Hal ini disampaikan pada jam-jam terakhir, sebelum jatuhnya Yogyakarta dan Jenderal Soedirman dalam keadaan sakit ketika menjawab presiden yang menasehatinya supaya tinggal di Kota, untuk dirawat sakitnya.
Menurut Bupati Konut,H. Ruksamin, mengatakan,”dengan Peringatan hari Pahlawan ini, kita masyarakat Konawe Utara patut untuk bersyukur dengan jasa para Pahlawan kita dimana atas perjuangan mereka sehingga pada hari ini kita bisa menikmati udara segar dan kebebasan dari para penjajah, semua itu adalah hasil perjuangan para pahlawan kita yang pada hari ini kita diminta untuk memperingatinya dan mengenang jasa-jasa para Pahlawan kita itu.
Sementara salah satu pensiunan TNI -AL (Serma Asrib) yang sempat diwawancara‎ mengatakan, sebagai salah satu elemen bangsa saya merasa sangat bangga dengan apa yang kita lihat pada hari ini, dimana selama saya menjadi Purnawirawan TNI-AL saya baru kali ini di undang untuk ikut dalam peringatan hari Pahlawan, sebelumnya tidak pernah, nanti H.Ruksamin yang jadi Bupati baru saya ikut karena di undang, jelas Asrib.
Selain itu, Adi Faisal Prawidya kepala Cabang Sultra PT.Emar Elang Perkasa‎ kepada wartawan media ini mengatakan, kami berbangga dengan adanya peringatan Hari Pahlawan pada hari ini, dimana kapal kami dijadikan sebagai tempat penaburan bunga untuk mengenang jasa para Pahlawan kita, dan ini baru kali ini terjadi sehingga patut kita apresiasi kepemimpinan H.Ruksamin, jelasnya. (Andi Jumawi/kabarone.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *