Pengurus PWI Barito Utara Dilantik Sekjen PWI Pusat

Kabarone.com, Kalimantan Tengah – Kepengurusan PWI kabupaten Barito dilantik langsung oleh Sekjen PWI Pusat, Hendry Ch Bangun di Hotel Luwansa, Palangka Raya, Senin (20/2/2017).
Sebelum pengukuhan, pengurus Pengurus PWI Kabupaten Barito Utara yang dinakhodai Roby Cahyadi untuk tiga tahun kedepan 2016-2019 dilakukan pelantikan oleh Ketua PWI Provinsi Kalteng, H Sutransyah seusai peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, dan dihadiri pengurus PWI Pusat, PWI Provinsi Kalteng, PWI Kabupaten se Kalteng, Plt Kepala Dinas Komunikasi, Informatika da Persandian (Diskip) Barut, M Iman Tofik serta undangan lainnya.
Hendry Bangun pada sambutannya menegaskan, dengan usainya pelantikan dan pengukuhan, diharapkan PWI Kabupaten Barut dapat menjalankan amanah sesuai dengan AD/ART PWI serta mempedomani UU No 40 tahun 1999 tentang Pers.
“Jagakanlah amanah serta nama baik PWI karena pers itu selalu menjalankan aktivitasnya, bukan untuk kepentingan pribadi, tetapi atas nama rakyat dan pembangunan ke arah yang lebih baik. Kepada pengurus PWI Barut selamat atas pelantikan dan pengukuhan ini serta selamat bekerja dalam menjalankan amanah,” ujarnya.
Hendry juga menegaskan, kalau PWI bukan organisasi papan nama, tapi jelas programnya begitu juga dengan laporan pertanggung jawaban, sehingga cukup banyak pihak ketiga yang bermitra dengan PWI untuk melaksanakan kegiatan.
“Terkait kompetensi wartawan, sudah 7.000 anggota PWI yang lulus UKW dari sekitar 8.500 jumlah anggota,”  tegasnya.
Sementara itu, Bupati Batara H Nadalsyah dalam sambutan yang dibacakan Kadiskip Barut Muhammad Iman Tofik mengatakan, keberadaan PWI Kabupaten Barut merupakan sebuah kebanggaan, karena terkumpul beberapa media sebagai kontrol sosial dalam membantu dan mempublikasikan jalannya pemerintahan.
“Sebab dengan adanya media, pembangunan akan terpublikasi atau tersampaikan dengan baik kepada masyarakat, baik dari segi aspirasi rakyat yang bisa diterima. Besar harapan kami rekan-rekan PWI dan wartawan di Kabupaten Barut dapat memberi warna terhadap jalannya roda pembangunan di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan,” ujarnya.
Menurutnya, pers memiliki kekuatan dan peranan dalam pembangunan, untuk itu sinergitas antara pemerintah daerah dan PWI akan dapat membawa ke arah yang lebih baik. Pembangunan yang berkualitas diperlukan kontrol dan pengawasan yang ketat dan akurat.
“Untuk itu, kami di pemerintah daerah siap menerima masukan dan kritikan yang sifatnya membangun agar terwujudnya Barut yang sejahtera. Kami dari pemerintah daerah akan selalu berusaha semaksimal mungkin membantu kemajuan organisasi PWI,” ucapnya.
Sedangkan Ketua PWI Provinsi Kalteng dalam sambutannya menyampaikan rasa bangganya dengan kekompakan dan pelaksanaan program yang dilakukan oleh PWI Kabupaten Barut. “Luar biasa, selama saja menjadi anggota PWI, setahu saya baru pertama kalinya pengurus kabupaten dikukuhkan oleh PWI Pusat,” tambahnya.
Sutransyah juga menyampaikan, PWI Kabupaten Barut salah satu kabupaten yang sudah melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW). “PWI Barut ini memang benar kompak, coba kita lihat saja kehadiran mereka di acara ini dengan kekuatan penuh, dan ciri seragam berbeda,” puji ketua PWI Kalteng H.Sutransyah. (Shp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *