Lebarkan Sayap, LEADHAM Internasional Lantik Pengurus DPD Aru

Daerah, Regional2,494 views

Kabarone.com, Maluku – Untuk mencapai visi misi mulianya, Lembaga Advokasi Hak Asasi Manusia (LEAD HAM) Internasional yang merupakan Organisasi Perkumpulan yang bergerak di Bidang Kemanusiaan, Lembaga Advokasi Hak Asasi Manusia Nasional dan Internasional yang sudah terbentuk 13 Cabang Propinsi dan puluhan Kabupaten dan Kotamadya ini terus melebarkan sayapnya ke daerah-daerah seluruh Indonesia, salah satunya yakni Kabupaten Kepulauan Aru, provinsi Maluku.

Hal itu ditandai dengan dilantiknya para pengurus DPD Kabupaten Kepulauan Aru untuk masa jabatan 2017 s/d 2022 di Aula Gedung Gereja Bethil, pada hari Senin 2 Juli 2017 kemarin. Para pengurus yang dilantik diantaranya Yulianus Kailey sebagai Ketua, Abraham Manggar sebagai Wakil Ketua, Rinto Komnaris sebagai Sekretaris, Stella Kailem sebagai Bendahara, dan para pengurus lainnya.

Acara pelantikan itu dihadiri oleh kurang lebih 300 orang yang terdiri dari Pemuda-Pemudi Kepulauan Aru, Tokoh Agama serta Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, pihak Aparat Kepolisian, Kodim, dll. Turut hadir juga Wakil Bupati Kabupaten Aru Drs.Muin S yang mewakili Bupati beserta para pejabat pemerintah lainnya.

Dalam sambutannya Ketua Umum LEADHAM Internasional Yusuf L. Tobing, S.Th.MA menegaskan bahwa kader yang sudah dilantik harus bisa menjadi contoh bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Kepulauan Aru. Juga harus bisa bermitra dengan pihak jajaran pemerintahan setempat dalam hal ini sebagai wadah yang bisa menampung berbagai permasalahan yang menyangkut masalah Hak Asasi Manusia.

Ia juga meminta semua jajaran pengurus Khusus di DPD Kepulauan Aru agar bersikap tegas dan disiplin untuk membantu jalannya pemerintahan yang baik dan transparan.

“Keberadaan Lembaga Advokasi Ham ini punya tanggung jawab mengawasi pelaksanaan kegiatan pemerintah Kabupaten Aru
tanpa pandang bulu. Bila terbukti ada yang coba-coba, ada oknum pejabat yang menyalahgunakan kekuasaannya akan kita tindak secara tegas sesuai hukum yang berlaku di wilayah Indonesia bila terbukti melanggar. Apa lagi bila sampai langgar Hak Asasi Manusia,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Kepulauan Aru yang hadir mewakili Bupati menyampaikan apresiasi dan dukungannya terhadap pembentukan DPD LEADHAM Internasional di Kepulauan Aru ini.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Bupati dan jajarannya memberikan dukungan penuh dan mengapresiasi keberadaan LEADHAM.

“Dengan keberadaan LEADHAM ini diharapkan bisa memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Kepulauan Aru ini,” pungkasnya.

IMG-20170706-WA0015Usai pelantikan, Ketua Umum beserta rombongan Pengurus Pusat LEADHAM melakukan kunjungan ke sejumlah tempat untuk mendengarkan langsung keluhan masyarakat di Kepulauan Aru. Dalam kunjungan tersebut LEADHAM mendapat sejumlah keluhan dari masyarakat khususnya masalah sarana prasarana seperti Sarana Kesehatan, Sarana Sekolah, Sarana Kebutuhan Pokok, dll.

Mendapat keluhan itu, Ketua Umum LEADHAM merasa prihatin dan meminta kepada Pemerintah terkait untuk lebih memperhatikan dan membangun sarana prasarana yang ada di Kepulauan Aru khususnya Sekolah dan Rumah Sakit yang merupakan kebutuhan pokok masyarakat. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *