Ketua MUI Pusat, Mengapresiasi Panen Raya Jagung MK 2017 di Lamongan

Daerah, Regional761 views

Kabarone.com, Lamongan – Kegiatan Panen Raya Jagung pada Musim Kemarau (MK) 2017, yang dikunjungi oleh KH. Ma’ruf Amin Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat itu dilaksanakan pada Jumat tanggal 29 Agustus 2017. Bertempat di Desa Kedali Kecamatan Pucuk Kabupaten Lamongan Jawa Timur.

Penanggung jawab acara adalah Romiyatun, SP (lKepala UPT Pertanian Pucuk dn dihadiri sekitar 500 orang.

Kunjungan KH. Ma’ruf Amin yang juga sebagai Rais Aam Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Pusat. Jyga turut hadir Ir. Winarno Thohir Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan Pusat. H. Fadeli SH, MM Bupati Lamongan. Letkol Inf Sutrisno Pujiono S.E. M.M. Dandim 0812/ Lamongan, Dra. Hj. Kartika Hidayati, MM. MHP Wakil Bupati Lamongan, Dr. Yuhronur Efendi, MBA Setda Lamongan, Kepala OPD se- KlLamongan, Danramil Jajaran Kodim 0812/Lamongan. Camat se- Lamongan, Kepala Desa (Kades) se Kecamatan Pucuk, Kelompok Tani (Poktan) dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) se- Kecamatan Pucuk.

KH. Ma’ruf Amin beserta rombongan tiba dilokasi Panen Raya Jagung MK 2017 selanjutnya melaksanakan panen jagung secara simbolis, kemuduan ia beserta rombongan meninjau stan hasil produksi pengolahan jagung di lanjutkan Penyerahan bantuan pertanian oleh Bupati Fadeli.

Dalam kunjungannya KH. Ma’ruf Amin,” Mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Lamongan yang telah mendorong serta memotivasi para petani jagung sehingga menjadi petani jagung andalan, alhasil produktivitas jagung meningkat tiga kali lipat. Hal ini diharapkan Kabupaten Lamongan dapat menjadi pengaruh terhadap komoditi pertanian di Indonesia. Ia juga mengatakan, Kita harus merubah pola tanam sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan demi menopang keberhasilan pembangunan dalam bidang pertanian jagung, sehingga ada arus baru yang mana bertujuan untuk menguatkan ekonomi umat (masyarakat).Terkait dengan kemitraan diharapkan konglomerat tetap bekerja sama dengan umat. Karena dilamongan banyak pondok pesantren diharapkan pemerintah kabupaten memanfa’atkan sebagai lembaga ekonomi syariah dengan pondok pesantren yang ada di Lamongan dalam rangka menguatkan ekonomi umat (masyarakat),” apresiasi KH. Ma’ruf Amin.

Dalam sambutannya Fadeli selaku orang nomor satu di Kabupaten Lamongan ini menjelaskan,” Pagi ini adalah hari paling bahagia karena bisa bertemu dengan KH. Ma’ruf Amin Ketua Majelis Ulama Indonesia/Rais Aam Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Pusat. Lebih lanjut nurut Fadeli dari data yang ada bahwa warga muslim Lamongan skarang ini sebanyak 99,6 % sehingga Lamongan dikatagotikan sebagai kota religius. Hal ini Kabupaten Lamongan diharapkan bisa menjadi damai dan tentram. Mayoritas masyarakat Petani di wilayah Lamongan adalah umat Moslim.

Ditambahkannya, bicara soal panen jagung, yang mana dalam pertanian jagung di Lamongan menghasilkan 15.000 ton dan per hektarnya menghasilkan 10 ton,” tambah Bupati Fadeli.

Pada gilirannya Winarno Tohir selaku Ketua Tani Nelayan Andalan Pusat mengatakan,” Tanaman jagung di tempat ini sangat baik sekali ini semua tidak terlepas dari perhatian dan dukungan Pemerintah Kabupaten dalam hal ini Bupati Lamongan. Dengan hasil pertanian jagung yang ada di wilayah daerah dapat menjadikan contoh bagi kabupaten-Kabupaten yang ada di propinsi Jawa Timur. Kabupaten Lamongan adalah penghasil jagung terbaik sehingga diharapkan pemerintah kabupaten harus tetap mempertahankan nya,” pungkasnya (pul/pur/rul).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *