Dorong Kemajuan UMKM, Unisbank Gelar Seminar Penerapan Aplikasi Ergonomi

Ekonomi553 views

SEMARANG,kabarone.com-Fakultas Teknik Universitas Stikubank (Unisbank) Semarang menggelar Seminar Nasional bertajuk “Peran Aplikasi Ergonomi Dalam Teknologi Tepat Guna untuk Pemberdayaan Masyarakat” di Kampus Unisbank Kampus Kendeng, Bendangisor Semarang (03/04/2018).

Seminar menghadirkan narasumber Eko Nurmianto dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) di ikuti sejumlah pelaku UMKM,mahasiswa dan perwakilan perguruan tinggi.

Dekan Fakultas Teknik Unisbank Semarang, Agus Prasetyo Utomo, S.Kom., M.M., M.Kom dalam sambutannya menuturkan, seminar ini diselenggarakan atas kondisi UMKM yang belum dikatakan maju pesat.

Menurut dia ada banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut yakni dari sumber daya manusia, teknologi ataupun menejemen pemasaran.

” Dengan aplikasi ergonomi ini kita dapat mempelajari keterbatasan dan kemampuan manusia dalam berinteraksi dengan teknologi dan produk-produk buatannya.
Ilmu ini berangkat dari kenyataan bahwa manusia memiliki batas-batas kemampuan baik jangka pendek maupun jangka panjang,khususnya ketika berinteraksi dengan sistem lingkungan kerja,” urai dia.

Agus menambahkan, penerapan aplikasi Ergonomi menjadi hal penting untuk menyelesaikan berbagai permasalahan proses produksi, menejemen pemasaran sehingga diharapkan akan dapat meningkatkan produktifitas.

“Ada banyak peluang yang bisa kita lakukan, mulai dari penelitian ataupun program pengabdian masyarakat, tentunya dengan mengkonsetrasikan diri para penerapan Ergonomi,” imbuhnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Narasumber Eko Nurmianto dari ITS Surabaya. Lulusan University of New South Wales Sydney Australia ini mengatakan, dengan Aplikasi Ergonomi ini dapat berguna untuk menurunkan pembiayaan, peningkatan produktifitas dan peningkatan kualitas kerja.

Diketahu selama lebih dari 20 tahun dia mendedikasikan kiprahnya untuk menumbuhkan UMKM dengan keilmuan Ergonomi.
” Kita tentu berharap, mahasiswa maupun dosen dapat membantu menumbuhkan UMKM dengan aplikasi Ergonomi ini,” ujarnya singkat. (amr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *