Bupati H. Sayed Jafar Resmikan Pencanangan Kampung KB Desa Magalau Hilir

Daerah, Regional712 views

Kabarone.com, Kotabaru- Pencanangan Kampung KB Desa Magalau Hilir di resmikan oleh Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar di halaman Kantor Desa Magalau Hilir Kecamatan Kelumpang Barat Kabupaten, Selasa (6/11/18).

Selain Pencanangan Kampung KB, Bupati Kotabaru juga resmikan kantor Desa, peresmian ambulan swadaya masyarakat Desa dan meninjau kegiatan lainya seperti sunat massal dan pemasangan implan serta lomba masak.

Hadir Bupati Kotabaru Sayid Jafar, SH, Ketua TP PKK Kotabaru Hj. Fatma Idiana, Perwakilan BKKBN Kalimantan Selatan Ir. Ramlan, MA, Pejabat SKPD, Perwakilan Lanal Kotabaru, Danramil Kelumpang Barat, Kepala Desa se Kecamatan Kelumpang Barat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan Tamu Undangan Lainya.

Sambutan Kepala Perwakilan BKKBN Kalimantan Selatan Dra. Dina Agustina yang dibacakan oleh Ir. Ramlan mengatakan, “Pada hari ini kita dapat bersama sama mengikuti kegiatan pencanangan Kampung KB di Desa Malagalau Hilir Kecamatan Kelumpang Barat Kabupaten Kotabaru kami menghaturkan terima kasih kepada Bapak Bupati Kotabaru dan jajarannya yang telah mencanangkan serta melaksanakan integrasi kegiatan Kampung KB di Desa Magalau Hilir dengan baik dan lancar,” ujarnya.

Kita tengok sejarah program KB ternyata usianya sudah 50 tahun semenjak lembaga keluarga berencana nasional di dirikan pada tahun 1968 dan lembaga semi friend semi pemerintah tersebut beroperasional selama 2 tahun dan pada tahun 1970 resmi lah program KB dikelola secara penuh oleh pemerintah di bawah naungan badan koordinasi Keluarga Berencana nasional atau yang disingkat BKKBN,” jelasnya.

Menginjak usia emas selama 50 tahun walaupun pemberi pada Peringatan Hari Keluarga Nasional baru ke-25 tahun atau usia di mana pada tahun 1993 untuk pertama kali peringatan tersebut terlaksana di Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur. Tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan dan pembangunan keluarga BKKBN memiliki tanggung jawab dalam menekan dan menurunkan angka laju pertambahan penduduk dan meningkatkan kualitas penduduk melalui program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga yang dikenal untuk mengoptimalkan pelaksanaan program tersebut Presiden Jokowi telah mencanangkan secara nasional. Kampung KB yaitu satuan Wilayah Tingkat desa atau sebutan lain dengan kriteria tertentu yang melaksanakan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga secara komprehensif dan terintegrasi dengan program pembangunan lintas sektor lainnya dalam rangka meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat,” paparnya.

Sementara itu Bupati Kotabaru Sayid Jafar mengatakan, Satuan Wilayah Tingkat RW Dusun atau stara yang memiliki kriteria tertentu dimana terdapat keterpaduan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga KKPK dan pembangunan sektor terkait pelaksanaan secara sistematis dan dengan tujuan secara umum adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga kkbpk serta pemenuhan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas dengan pelaksanaan kegiatan pencanangan Kampung KB di Desa Magalau Hilir ini, katanya.

Diharapkan seluruh stakeholder dan pemangku kepentingan akan berperan aktif dalam mendukung kegiatan ini dengan mengembangkan dan melakukan sosialisasi kebijakan pengendalian penduduk guna mewujudkan Pembangunan berwawasan kependudukan serta melakukan analisis dampak kependudukan melakukan pembinaan dan peningkatan kesetaraan keluarga berencana melalui pembinaan dan kemandirian,” himbaunya.

Saya menginstruksikan kepada SKPD terkait untuk mengalokasikan program dan kegiatannya ke Kampung KB dalam hal ini peran masyarakat menjadi penting karena yang menjadi sasaran dari Kampung KB adalah keluarga remaja manusia dan masyarakat partisipasi semua pemangku kepentingan dan masyarakat multi multi pembentukan Kampung KB termasuk tokoh agama tokoh masyarakat dan masyarakat itu sendiri juga akan sangat membantu kesesuaian program tersebut hal terpenting dari pencanangan Kampung KB adalah program program KB yang mampu bersinergi dengan program pendidikan kesehatan lingkungan dan lainnya antara lain dengan sosialisasi komunikasi edukasi tentang program kepada masyarakat serta pelayanan KB di tingkat Desa, tutupnya. (hrp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *