DISDUKCAPIL Lamongan Terus Berbenah Kurangi Angka KTP Ganda

Daerah, Regional565 views

Kabarone.com, Lamongan-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), mencatat KTP ganda di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, mengalami penurunan drastis.

“Sekitar 60 ribuan, itu turun drastis dari sebelumnya 200 ribu,” kata Sugeng Widodo, Kepala Disdukcapil Lamongan.

Sugeng menyebut, penurunan drastis jumlah KTP ganda itu, karena proses pengurusan di Disdukcapil bisa berlangsung cepat. “Kenapa cepat turun, karena sekarang lebih cepat ngurusnya,” ujarnya.

Ia pun membeberkan, penyebab KTP ganda dikarena ganda karena domisi. “Ada yang orang Lamongan pindah dominasili di daerah lain, tapi belum meminta surat pindah, begitu juga sebaliknya,” ucapnya.

Bahkan, Sugeng juga berupaya menghubungkan dengan adminitrator data base di daerah lain, untuk meminta dicabut. “Karena sudah pindah ke Lamongan,” katanya.

Tak hanya KTP ganda karena domisili, lebih lanjut, dikatakan Sugeng, adanya KTP ganda juga karena indikasi fotonya tertukar. “Itu kita selesaikan terus,” tuturnya.

Sugeng pun meminta masyarakat Lamongan yang memiliki KTP ganda melapor secara aktif ke pemerintah, apabila memiliki KTP ganda. “Kami mengimbau mereka proaktif (melapor),” ujarnya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *