Kapolda Jateng Paparkan Kesiapan Hadapi Lebaran 2019

Hankam340 views

Kabarone.com, SEMARANG – Kapolda Jateng, Irjen Pol. Dr. H. Rycko Amelza Dahniel menyampaikan bahwasanya di Jawa Tengah terdapat 4 jenis jalan yakni Jalur Tol, Jalur Pantura, Jalur Tengah dan Jalur Selatan dimana masih ada satu jalan yang kini dalam tahap perbaikan. “H-8 nanti Insyaallah akan selesai,”jelas Kapolda dalam paparannya pada acara Rakor Linsek Operasi Ketupat Candi 2019 bersama Pemerintah Provinsi Jateng, Selasa (27/5/2019).

Pada kegiatan tersebut hadir Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Mochammad Effendi, Gubernur Jawa Tengah, H. Ganjar Pranowo, Kapolres se Jateng dan sejumlah pejabat lain.

Pada Rakor Linsek tersebut juga dibahas terkait ketersediaan bahan pokok, dan pasukan listrik, yang mana Kapolda menyatakan siap semuanya. “Selain jalan, untuk persediaan bahan pokok dan pasokan listrik semuanya sudah siap,” kata Kapolda.

Polda Jateng sendiri telah menyiapkan 24.000 lebih personel untuk mengamankan arus mudik lebaran, serta arus balik. Terkait pengamanan, baik tempat ibadah, pertokoan, tempat wisata dan lainnya, semua akan mendapat pengamanan dari petugas.

Menurut Kapolda, meski antusiasme mudik masyarakat sangat tinggi, Insyaallah masyarakat tidak menemui sesuatu yang sulit. Kecuali harga tiket pesawat yang masih tinggi meski sudah ditekan oleh Menteri Perhubungan.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan, antusiasme pemudik tahun ini sangatlah tinggi. Bahkan jalan akan menjadi idola bagi pemudik nanti.

Pihaknya sudah menyiapkan 185 bus untuk mudik gratis, dan 3 kereta api. Selain itu ada juga dari BUMN, Pemprov DKI, dan Kementerian Perhubungan.

Dirinya menyatakan untuk persiapan mudik sudah siap. Pihaknya juga akan mengatur jalur non tol, termasuk menyiapkan titik exit tol. Selain itu untuk titik-titik rawan kemacetan juga sudah diantisipasi.

Disamping itu pada paparan lainnya pihak perusahaan atau BUMN terkait seperti PT Jasa Marga, PLN, PTWaskita dan PT PLN juga telah menyatakan kesiapannya dalam menghadapi mudik dan balik lebaran tahun ini. (Amr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *