Meski Kinerja Relatif Bagus,10,80 Persen Penduduk Jateng Miskin

Lipsus403 views

SEMARANG,kabarone.com – Angka kemiskinan Jateng sebesar 10,80 persen dan berada di peringkat 2 nasional di bawah Jatim.Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pemerintahan dan Sosial Budaya Bappeda Jateng Edy Wahyono pada acara Primer Topix Trijaya di Kampus Universitas Muhammadiyah (Unimus) Semarang, Rabu (13/11).

“Kalau bicara masalah angka, per Maret 2019 kemiskian kita diangka 10,80 persen kalau masalah kinerja Jateng termasuk relatif bagus dibandingkan provinsi-provinsi yang lain.Dari sisi jumlah penduduk miskinnya yang bisa kita entaskan itu kita nomor 2 dari seluruh Indonesia. Kita hanya kalah dari Jatim saja”, bebernya.

Mengambil tema Strategi Pengentasan Kemiskinan di Jawa Tengah, dihadapan mahasiswa Edi mengungkapkan sisi dari kinerja sejak tahun 2014 sampai Maret 2019 itu sudah sangat relatif bagus tingkat penurunannya dibandingkan dengan provinsi lain.“

Problemnya kan memang penduduk kita kan termasuk penduduk yang banyak, ada 34juta sehingga dari sisi persentase 10,80 ada 3,7 penduduk Jateng yang masih hidup dibawah di garis kemiskinan”, ungkapnya.w

Wakilketua DPRD Jateng Abdulkadir Alkatiri menyampaikan, jika saat ini perlu dibuat batasan klasifikasi miskin yang lebih kongkrit dengan kondisi saat ini.

“Memang perlua ada update klasifikasi batasan status miskin agar lebih kongkrit dengan kondisi sekarang ini. Karena data yang di peroleh antara satu lembaga mungkin bisa berbeda,itulah kiranya perlu diperbarui data batasan kemiskinan biar lebih sesuai keadaan saat ini”, ujarnya.

Dia mengemukakan,selain itu juga perlukan program-program unggulan yang lebih kreatif serta terobosan baru untuk menurunkan angka kemiskinan di Jawa Tengah ini.(Amr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *