BLT Dana Desa Tahun 2020 Cair, Ratusan Warga Desa Terima Bantuan BLT

Daerah, Regional482 views

KOTABARU,kabarone.com- 362 Kepala Keluarga di Desa Oka Oka dan Desa Pulau Kerasian Kecamatan Pulau Laut Kepulauan menerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT- DD) tahun 2020, di serahkan langsung secara simbolis oleh Bupati Kotabaru Sayed Jafar kepada 20 orang perwakilan dari warga di dua Desa di Aula Kantor Kecamatan Pulau Laut Kepulauan, Sabtu 30/5/2020.

BLT Dana Desa ini merupakan bantuan dari Pemerintah Pusat melalui Dana Desa yang diperuntukkan untuk membantu masyarakat yang tedampak musibah pandemi covid-19.

Turut hadir anggota DPRD, Kepala SKPD, Camat Pulau Laut Kepulauan, Forkopimca, Kepala Desa dan perwakilan masyarakat yang menerima bantuan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kotabaru Hariansyah mengatakan, bahwa bantuan ini sesuai arahan dan Instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 3 tahun 2020 Tentang Penanganan Covid-19 melalui APBDes dan peraturan Menkeu nomor 50 tahun 2020 Tentang Perubahan Kedua atas PMK No. 205 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Dana Desa, ujarnya.

Dijelaskannya, nilai dari BLT Dana Desa ini sebesar 600.000 rupiah untuk 3 bulan pertama dan untuk 3 bulan, selanjutnya nilainya akan menurun menjadi 300.000 rupiah, pungkasnya.

Kepada Camat dan khususnya Kepala Desa yang belum menyelesaikan administrasi untuk pencairan agar segera diselesaikan, sehingga Bantuan ini cepat selesai dan sesegera mungkin untuk disalurkan, lebih cepat lebih baik, harapnya.

Sementara Bupati Kotabaru H Sayed Ja’far mengungkapkan, Pemerintah akan terus memberikan bantuan kepada saudara saudara kita yang berada di kecamatan lain.

Ini merupakan bentuk kepedulian dari pemerintah untuk meringankan beban masyarakat ditengah pandemi covid-19 saat ini, gunakanlah bantuan ini dengan sebaik- baiknya, tuturnya.

Pada kesempatan ini, Orang nomor satu di Bumi Saijaan juga menghimbau kepada warga agar selalu memperhatikan yang namanya kesehatan dan jangan lupa selalu menggunakan masker kemanapun saat beraktivitas diluar rumah.

Disela acara, Bupati Kotabaru mengunjungi Posko Covid-19 yang ada di Kecamatan Pulau Laut Kepulauan, dengan berjalan bersama protokol kesehatan dan warga yang hadir diharuskan untuk memakai masker, serta diberi jarak minimal 1 meter.(Hrp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *