3.654 Peserta Lulus SBMPTN Unnes, Rektor Ucapkan Selamat

Daerah422 views

SEMARANG,kabarone.com- Sebanyak 3.654 orang dinyatakan lulus Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Penetapan hasil SBMPTN 2020 diumumkan secara online pada Jumat (14/8) sore.

Rektor Unnes, Prof Dr Fathur Rokhman menyampaikan ucapan selamat kepada calon mahasiawa yang dinyatakan lulus oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

“Alhamdulilah proses UTBK-SBMPTN berjalan lancar, dari mulai persiapan, pelaksanaan UTBK, sampai pengumuman pada hari ini,” ucapnya, Jumat (14/8/2020).

Bagi yang belum beruntung, kata Fathur terus semangat untuk mengikuti seleksi berikutnya.

“Unnes masih membuka pendaftaran seleksi jalur mandiri sampai tanggal 23 Agustus 2020. Bagi yang belum beruntung pada jalur SBMPTN silahkan mendaftar pada seleksi Jalur Mandiri Unnes sebagai peluang meraih cita-cita masa depan,” katanya.

Wakil Rektor I Unnes Prof Dr Zaenuri SE MSi Akt menyampaiakan pengumuman hasil seleksi SBMPTN tahun 2020 tersebut usai mengikuti Konferensi Pers penetapan hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri di Kampus Unnes.

“Jumlah peserta yang dinyatakan lulus seleksi di UNNES sebanyak 3.654 orang. Jumlah peserta yang dinyatakan lulus tersebut merupakan hasil seleksi dari pendaftar UTBK SBMPTN 2020 yang memilih prodi di UNNES sebanyak 37.796 orang, dengan rincian pendaftar yang menjadikan pilihan Program Studi pilihan pertama sebanyak 15.625 pendaftar dan sebnayak 22.171 pendaftar pada prodi pilihan kedua. Dari 3.654 yang dinyatakan lulus terdapat 1.182 yang mendaftar menggunakan KIP Kuliah,” jelas Prof Zaenuri.

Secara rinci penerimaan mahasiswa UNNES jalur SBMPTN tahun 2020 terdiri atas Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) pada 6 Program studi (Prodi) sebanyak 446 calon mahasiswa, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) pada 15 Prodi sebanyak 596 calon mahasiswa, Fakultas Ilmu Sosial (FIS) 8 Prodi sebanyak 426 calon mahasiswa, dan Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) 14 Prodi sebanyak 503 calon mahasiswa.

Kemudian Fakultas Teknik (FT) ada 14 Prodi dengan 518 calon mahasiswa, Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) 6 Prodi sebanyak 353 calon mahasiswa, Fakultas Ekonomi (FE) 6 Prodi sebanyak 556 calon mahasiswa, dan Fakultas Hukum (FH) 1 Prodi menerima 256 calon mahasiswa.

Zaenuri meminta kepada peserta yang dinyatakan lulus SBMPTN 2020 memperhatikan :

 

1. Peserta lulus SBMPTN 2020 wajib melakukan registrasi (daftar ulang) sesuai dengan ketentuan di Unnes (lihat pengumuman di laman penerimaan.unnes.ac.id).

Registrasi menentukan proses status penerimaan peserta SBMPTN 2020 sebagai mahasiswa di Unnes.

 

2. Peserta yang dinyatakan lulus SBMPTN 2020 akan dinyatakan diterima di UNNES dengan syarat memenuhi ketentuan yang ada.

 

3. Bagi pendaftar Program Indonesia Pintar Pendidikan Tinggi, calon pemegang Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) yang telah dinyatakan lulus SBMPTN 2020, status perolehan KIP Kuliah masih memerlukan proses verifikasi.

Unnes akan melakukan proses verifikasi kepada calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

Calon mahasiswa Unnes yang dinyatakan lulus melalui jalur SBMPTN tahun 2020 dapat segera melakukan registrasi administratif.

Bagi peserta yang belum lulus SBMPTN 2020, berkesempatan untuk mendaftar Seleksi Mandiri (SM Unnes) yang persyaratan dan informasi selengkapnya dapat dilihat langsung di laman penerimaan.unnes.ac.id. (Amr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *