Soeyanto (Kang Antok) Kembali Pimpin Karang Taruna Ngaliyan

Daerah849 views

SEMARANG,kabarone.com-Soeyanto,SH.,MH atau yang lebih akrab disapa Kang Antok kembali memimpin Pengurus Karang Taruna Kecamaran Ngaliyan periode 2020-2025.

Agenda pemilihan ketua organisasi kepemudaan tersebut digelar dalam Temu Karya sistem luring ( luar jaringan) di Aula Pertemuan Kantor Camat Ngaliyan, Minggu (30/8/2020) dengan menerapkan protokol kesehatan.

Antok terpilih secara aklamasi setelah dirinya mendapatkan dukungan dari 10 Forum Pengurus Karang Taruna di tingkat Kelurahan dan ditetapkan melalui sidang pleno yang dipimpin Kesos Priyanto S.Pd.

Camat Ngaliyan Agus Priharwanto, S.Sos, MM., mengatakan karang taruna adalah organisasi sosial kemasyarakatan yang tumbuh dan berkembang dari, oleh dan untuk masyarakat.

” Hal itu sudah diatur oleh Peraturan Menteri Sosial RI Nomor : 23 Tahun 2013 tentang Pemberdayaan Karang Taruna,” kata Agus.

Dia menjelaskan bahwasanya hal itu sudah jelas tentang peraturannya, disamping sebagai mitra pemerintah, tugas Karang Taruna sangat berat, terutama dalam mengangkat permasalahan kesejahteraan sosial masyarakat.

” Dalam pelaksanaan temu karya ini kami selaku pemerintah kecamatan yang notabene adalah pembina di tingkat kecamatan, berpesan kepada seluruh warga Karang Taruna agar selalu menjaga dan menciptakan lingkungan yang sehat, dalam artian tidak terkontaminasi dengan penyalahgunaan narkoba, dan sebagainya, karena Karang Taruna adalah pilar partisipasi masyarakat dalam mengangkat perekonomian melalui usaha-usaha yang dibina bersama oleh Para pengurus melalui Kelompok Usaha Bersama,” terangnya.

Sementara, Ketua Karang Taruna Kota Semarang I Gede Ananta Wijaya Putra , mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Camat Ngaliyan, atas diselenggarakannya temu karya pengurus karang taruna kecamatan Ngaliyan, serta mengapresiasi suport dan kepeduliannya terhadap Karang taruna.

Ia pun berharap supaya kegiatan yang bersifat seremonial diminimalkan, lalu usaha ekonomi kreatif kepemudaan diprioritaskan dengan melibatkan karang taruna di tiap tingkat Kelurahan maupun ditingkat RW.

“Semoga pengurus yang baru di Kecamatan Ngaliyan ini segera berkoordinasi dan bersinergi dengan pemerintah kecamatan dan kelurahan, dalam merumuskan program-program kepemudaan yang pro masyarakat agar maju dan berdaya saing kedepan,” tandasnya.

Sebelumnya, dalam sambutan awalnya, Ananta meminta siapapun nantinya yang terpilih menjadi Ketua, hendaknya dapat merangkul seluruh kader Karang Taruna yang berada di Kelurahan.

“Jalankan konsolidasi organisasi sesuai peraturan yang berlaku, serta selalu berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan, selamat bertemu karya, semoga menghasilkan pemimpin yang amanah dan berkualitas,” pungkasnya.

Turut hadir dalam Temu Karya yang dibuka oleh Camat Ngaliyan itu diantaranya Ketua Karang taruna Kota Semarang I Gede Ananta Wijaya Putra, Sekretaris kota Dimas serta unsur Muspika Ngaliyan , Lurah dan lembaga – lembaga naungan kecamatan. (Amr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *