Jika Terpilih, Paslon KDI Siapkan 11 Program Strategis Bengkalis Mewah

Daerah758 views

Kabarone.com, Bengkalis _ Bakal Calon (Balon) Bupati Bengkalis Kaderismanto-Iyeth Bustami (KDI), yang dikenal dengan slogan Mewah (Maju Ekonomi Warganya,Agamis dan Harmonis) siapkan program strategis jika terpilih sebagai Bupati dan wakil Bupati Bengkalis pada 9 Desember mendatang.

Program strategis tersebut diungkap Kaderismanto, kepada wartawan usai mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkalis, Ahad (6/9/2020).

“Sejumlah rumusan kebijakan program strategis telah disepakati bersama dengan pasangannya Iyeth Bustami,”ucap Kaderismanto didampingi Iyeth Bustami.

Dijelaskannya,rumusan program aksi tertuang sebanyak 11 poin penting. Pertama yaitu Bengkalis Satu Data, mulai dari terintegrasinya seluruh data kependudukan yang berkaitan dengan isentif untuk masyarakat dari OPD terkait (Disdukcapil, Dinas kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, Dinas Perumahan dan Pemukiman, Disnakertrans serta kantor Kementrian agama) pada Pusat Data Elektronik Kabupaten Bengkalis.

“Aplikasi berbasis IT sebagai ruang laporan dan control yang dapat diakses langsung oleh Kepala Daerah dengan tujuan menciptakan pelayanan langsung terhadap masyarakat dalam pengurusan document kependudukan (KK,KTP.Akte dan lain sebagainya). Memberdayakan peran Perangkat pemerintah ditingkat bawah (RT/RW) sebagai kontrol dan pelapor keadaan masyarakat setiap saat di wilayahnya,” jelasnya.

Kedua adalah mendorong terciptanya dan terwujudnya lapangan kerja. Yang meliputi, tercipta dan terwujudnya lapangan pekerjaan bagi putra-putri tempatan untuk bekerja pada perusahaan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Bengkalis.

Ketiga yaitu Insentif Kesejahteraan Rakyat (IKR). Meliputi pembangunan perumahan layak huni bagi masyarakat menengah kebawah yang belum memiliki rumah. Selanjutnya, bantuan setara Bantuan pangan non tunai (BNPT) untuk masyarakat kurang mampu bagi pemegang KDI (Kartu Dana insentif) Bengkalis Sejahtera

Kemudian program strategis aksi yang keempat adalah insentif Pendidikan. Untuk program ini meliputi, bantuan perlengkapan sekolah bagi siswa baru setiap tahunnya, mulai dari jenjang Sekolah Dasar sampai dengan Sekolah menengah atas bagi Pemegang KDI (Kartu Dana insentif) Bengkalis Pintar.

Kelima yaitu insentif kesehatan, terdiri dari tersedianya jaminan kesehatan bagi masyarakat kurang Mampu bagi Pemegang KDI (Kartu Dana insentif) Bengkalis Sehat. Kemudian, penataan pendataan pemegang Kartu Bengkalis sehat (bagi masyarakat kurang mampu) terintegrasi dengan seluruh rumah sakit rujukan yang bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten bengkalis.

“Seperti halnya penanganan Covid-19 dan dampaknya, serta tersedianya layanan kesehatan yang dilakukan dari rumah – kerumah (layanan medis keliling),” tuturnya.

Keenam adalah pembangunan Infratruktur yang berkelanjutan, mulai dari penuntasan jalan poros kecamatan dan serta jalan lingkungan di pedesaan.

Menyelesaikan jaringan drainase tersier, primer dan sekunder perkotaan serta perdesaan secara terpadu. Dan memperluas cakupan listrik dan air bersih diseluruh wilayah Kabupaten Bengkalis.

Penanganan abrasi, Peningkatan kelengkapan dan SDM penanganan karhutla, serta Peningkatan pembangunan jembatan, pelabuhan dan dermaga termasuk program strategis.

Program stretegis ketujuh adalah meningkatan perekonomian daerah serta pemberdayaan masyarakat. Sasarannya adalah terwujudnya peningkatkan akses permodalan, kesejahteraan masyarakat, kualitas hidup dan terpenuhinya kebutuhan pokok serta kelestarian lingkungan hidup dan terwujudnya sektor peternakan dan pertanian skala rumah tangga.

Kedelapan mewujudkan Pemerintahan yang berintegritas yaitu dalam tata kelola pemerintahan yang bersih dan berwibawa dengan pemberdayaan aparatur yang handal dan professional. Kemudian, menjalin kerjasama antar lembaga pemerintahan terkait pengisian jabatan di Pemerintahan.

Kemudian program stategis aksi kesembilan adalah Pengembangan seni dan budaya, kearifan lokal dan nilai-nilai agama kekayaan adat istiadat lainnya. Kesepuluh adalah pemberantasan penyalahgunaan Narkoba, sasarannya adalah membangun pusat Rehabilitasi Narkoba di Kabupaten Bengkalis.

Program strategis asksi yang terakhir atau kesebelas adalah Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).
Sasarannya adalah melalui pengembangan dan pembinaan UMKM dan industri kreatif sebagai leader sektor kekuatan ekonomi Daerah. Kemudian, merevitalisasi BUMD dan BUMDes dalam mendukung program pemerintah.

Selain itu meningkatkan penerimaan daerah disegala sektor sangat lah penting dalam memacu pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bengkalis.

“Insya Allah jika terpilih dan dipercayakan rakyat bersama KDI kita bangun Bengkalis Mewah,” tukasnya.***(kbr1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *