Akibat Dampak Pemekaran Wilayah Dalam Tujuannya

Opini439 views

 

By Arthur Noija,SH Ketua Lembaga Peduli Nusantara

Jakarta,Kabar one.com-Lembaga Peduli Nusantara berpendapat bahwa ,Pemekaran wilayah merupakan salah satu aspek dari adanya pelaksanaan otonomi daerah.
Di Indonesia pemekaran wilayah berkembang secara intensif sebagai salah satu upaya dalam pemerataan pembangun serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Adanya pemekaran wilayah juga harus memenuhi beberapa syarat yang tercantum dalam ketentuan PP No.78 tahun 2007. Syarat-syarat diantaranya adalah memiliki kemampuan ekonomi, potensi daerah, sosial budaya, sosial, politik, jumlah penduduk, luas daerah, dan lain sebagainya.

Dalam pemekaran wilayah, diperlukan juga suatu masa persiapan yang baik dalam bidang pengalihan aparatur daerah maupun persiapan infrastruktur perekonomian serta pemerintahan.
Hal ini bertujuan untuk menghindari kondisi dimana posisi dan kontrol dari daerah otonom baru di berbagai bidang atau aspek jauh tertinggal dari daerah induk. Aspek yang paling mendasar adalah diperlukannya pembagian potensi ekonom yang merata, sehingga daerah otonom baru dapat sebanding dan ikut bersaing dengan daerah induk.
Selain kebutuhan yang harus dipenuhi terlebih dahulu bagi suatu pembentukan daerah otonom baru, adanya pemekaran wilayah juga akan merubah suatu pola belanja aparatur dan pembangunan. Yang mana meningkatkan serta menciptakan permintaan barang saja, sebagai upaya memenuhi kebutuhan masyarakat setempat.
Kondisi tersebut merupakan salah satu dampak pemekaran wilayah, masih ada beberapa dampak baik positif maupun negatif dari adanya pemekaran wilayah.

mengenai dampak pemekaran wilayah, terlebih dahulu perlu diketahui apa sebenarnya tujuan dari adanya pemekaran wilayah.
Tujuan Pemekaran Wilayah
Tujuan dari pemekaran wilayah tercantum dalam PP No. 129 tahun 2000, dimana dapat disimpulkan bahwa pemekaran wilayah dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui:

1.Peningkatan pelayanan terhadap masyarakat.
2.Peningkatan kehidupan demokrasi
Peningkatan pengelolaan potensi suatu wilayah, dan
peningkatan keamanan serta ketertiban
kondisi tersebut dimaksudkan agar tercipta suatu lingkungan atau wilayah baru yang layak untuk dihuni.
Selain itu adanya pemekaran wilayah juga diharapkan dapat memicu timbulnya kemandirian daerah dan dapat mempercepat pembangunan yang merata sebagai salah satu upaya mengatasi ketimpangan sosial daerah.

Dampak Pemekaran Wilayah

Walaupun pemekaran wilayah memiliki tujuan yang baik bagi kesejahteraan masyarakat dan pemerataan pembangunan serta pelayanan pemerintah, namun tidak dapat dipungkiri bahwa adanya suatu pemekaran wilayah juga memberikan dampak bagi kehidupan masyarakat, negara, maupun pemerintah. Dampak yang ditimbulkan juga dapat berupa dampak positif maupun dampak negatif, berikut ini beberapa penjelasan mengenai dampak pemekaran wilayah:

Dampak Positif Pemekaran Wilayah

Pembentukan kebijakan oleh pemerintah pasti juga didasarkan pada adanya dampak positif yang akan di rasakan baik oleh masyarakat maupun pemerintahan itu sendiri, termasuk kebijakan mengenai pemekaran wilayah.
Berikut ini beberapa dampak positif dari adanya pemekaran wilayah:

1.Pemekaran wilayah atau yang disebut juga dengan otonomi dapat membantu kontrol pemerintah pusat terhadap keadaan suatu daerah, karena melalui pemekaran wilayah berarti adanya perluasan dan pelimpahan kekuasaan pemerintahan dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah.
Oleh sebab itu pemerintah pusat tidak perlu repot-repot memeriksa keadaan daerah satu persatu.

2.Pelimpahan kekuasaan dari pemerintahan pusat kepada pemerintah daerah melalui pemekaran wilayah berdampak pada pembangunan daerah baru tersebut.
Dimana pemerintah daerah dapat membangun daerahnya sendiri dengan lebih baik didasarkan pada potensi yang ada yang telah diserahkan oleh pemerintah pusat. Kondisi tersebut dapat membantu upaya pemerintah dalam pemerataan pembangunan.
3.Dengan adanya pemekaran wilayah maka akan berdampak pada peningkatan pelayanan pemerintah menjadi lebih mudah untuk di jangkau, serta adanya pengembangan wilayah distrik dan kampung juga dapat memperpendek jangkauan pelayanan pemerintah terhadap masyarakat.

4.Meningkatkan pembangunan infrastruktur daerah yang lebih maju sebagai salah satu upaya dalam pemerataan pembangunan daerah.
5.Pemekaran wilayah juga berdampak pada semakin menurunnya tingkat pengangguran, kemiskinan, dan gizi buruk karena pelayanan serta kontrol dan fokus pemerintah meningkat pada daerah otonomi baru, sehingga berdampak pula pada peningkatan kualitas sumber daya manusia di daerah dan menurunnya segala bentuk-bentuk ketimpangan sosial di masyarakat

6.Peningkatan pertumbuhan ekonomi di daerah, dan peningkatan permintaan barang dan jasa sebagai upaya dalam memenuhi kebutuhan masyarakat daerah.
Beberapa dampak positif dari adanya pemekaran wilayah yang dapat disimpulkan bahwa pemekaran wilayah memiliki dampak pada peningkatan pelayanan pemerintah serta pembangunan daerah.
Dampak Negatif Pemekaran Wilayah

Dampak positif yang ditimbulkan karena adanya suatu pemekaran wilayah, namun pada kenyataan ada pula dampak negatif dari pemekaran wilayah terlepas dari tujuan nya demi kesejahteraan masyarakat. Beberapa dampak negatif dari pemekaran wilayah:

1.Pemekaran wilayah dapat memicu keinginan untuk melepaskan diri, sehingga dapat mengancam keutuhan serta stabilitas keamanan daerah maupun wilayah secara keseluruhan sebagai suatu negara.
2.Pemekaran wilayah akan berdampak pada keadaan pemerintahan pusat yang terabaikan, karena pemerintah daerah akan sibuk bersaing dalam upaya memajukan serta pengembangan potensi daerah masing-masing

 

3.Adanya pemekaran wilayah juga dapat memicu munculnya bentuk-bentuk konflik sosial dan berbagai macam contoh masalah sosial dalam masyarakat semakin tinggi, karena adanya suatu perbedaan suku, budaya, asal daerah.
Yang mana masing-masing juga berkemungkinan untuk berusaha berdominan satu sama lain.
4.Memicu persaingan elit politik di daerah semakin tinggi bahkan berkemungkinan berjalan tidak sehat, serta menambah peluang korupsi, kolusi, dan nepotisme

 

5.Pemekaran wilayah juga berdampak pada lebih dominan nya kepentingan pemerintah daerah yang baru, seperti upaya menyelaraskan dengan pemerintahan daerah lainnya dibanding mementingkan kepentingan kesejahteraan masyarakat lokal.

 

Lembaga peduli nusantara melihat Itulah beberapa dampak negatif dari pemekaran wilayah, dimana dapat disimpulkan bahwa pemekaran wilayah dapat berdampak negatif atau berdampak buruk pada tujuan utama adanya suatu pemekaran wilayah.
Dimana pemerintah harus membangun pemerintahan yang baru dalam upaya peningkatan layanan pemerintah yang mana juga menjadi salah satu sarana sosialisasi politik, dan pemerataan pembangunan, namun justru kepentingan masyarakat menjadi terlalaikan karena kesibukan pemerintah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *