Quranic Healing Solusi Dibalik Stres Akibat Covid -19

Daerah428 views

SEMARANG,kabarone.com-Dampak penyebaran virus corona saat ini sangat mempengaruhi tatanan kehidupan masyarakat, tidak hanya bagi yang terpapar saja, akan tetapi juga menyasar tatanan ekonomi, kehidupan sosial, interaksi masyarakat luas bahkan tak jarang membuat seseorang menjadi stres.

Hal tersebut seperti dikemukakan Royanullah, S. Psi, selaku pemateri pada acara Seminar dengan tema “Stress Management With Quranic Healing di Era Pandemic Covid 19′.

“Dalam kondisi pandemi, semua mengalami tekanan atau stres. Bagaimanapun kita harus menerima stress itu sendiri dan harus kita manage (kelola) sehingga jangan sampai membuat kondisi kesehatan kita buruk,’ kata Royan dihadapan puluhan mahasiswa peserta seminar, di Gedung O Lantai 3 Kampus 2 UIN Walisongo Semarang, Minggu (25/10/2020).

Dalam hal manajemen stres, Royan menekankan bahwa yang tak kalah penting adalah bagaimana seseorang tatkala stres harusnya sering berkumpul dan bercerita sehingga beban stres berkurang. ” Cara efektif adalah sering bercerita, sadari kalau stres itu hal wajar bukan stigma negatif,” ujarnya.

Sementaraa Ustad Mustamir Pedak,S.Ked yang juga pemateri dalam seminar yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Tasawuf dan Psikoterapi UIN Walisongo Semarang itu memaparkan metode terapi qurani (Quranic Healing) sebagai solusi mengatasi kecemasan terlebih di masa pandemi.

” Pada dasarnya manusia mempunyai kemampuan untuk memperbaiki dirinya sendiri, pikiran sangat mempengaruhi tubuh, Dalam praktek ,saya sering meruqyah orang, saya bacakan Qur’an dengan ritme suara mengikuti detak nadi orang tersebut,’ kata Mustamir yang juga pakar pengobatan tradisional.

Ia menambahkan, dalam persepektif Tasawuf, cara seperti itu dikenal dengan istilah Sufi Healing. ” Ya, Sufi Healing, Tasawuf atau Sufi Healing baru fungsional jika pikiran,perasaan dan tubuh berpengaruh. Soal corona jelas secara logika itu tidak mematikan,’ jelasnya.(Amr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *