HUT Brimob ke- 75, Kapolda Jateng : Brimob Tumpuan Utama Harkamtibmas

Hankam261 views

 

SEMARANG,kabarone.com-Polda Jateng menggelar peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Brigade Mobil (Brimob) di Mako Brimobda Jateng Srondol Semarang, Sabtu (14/11/2020).

Dalam peringatan tersebut, Kapolda Jateng Irjen Pol. Ahmad Lutfi didampingi Wakapolda Jateng, Brigjen Pol Abiyoso Seno Aji, dan PJU Polda Jateng serta Dansat Bribobda Jateng mengikuti upacara dari Mabes Polri secara virtual dan pemotongan tumpeng serta pemberian penghargaan pada personil Brimobda Jateng yang berprestasi.

Adapun HUT Brimob tahun ini mengambil tema ‘Brimob Untuk Indonesia’. Berbagai kegiatan dilakukan, baik secara langsung, maupun virtual karena pandemi virus Corona atau Covid-19.

Diketahui, Korps Brigade Mobil atau Brimob Polri didirikan pada tanggal 14 November 1945. Pasukan ini memiliki kemampuan khusus seperti anti teror, penjinakan bom, intelijen, anti anarkis, dan penanganan KBR (Kimia, Biologi, Radioaktif).

Pasukan ini dalam melaksanakan tugas sering kali tidak diberitahukan identitasnya secara luas untuk menjaga kerahasiaan, keamanan, keselamatan pribadi dan keluarga.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengungkapkan kebanggaannya pada Brimob yang memiliki tugas pokok terkait harkamtibmas berekskalasi tinggi.

“Di HUT ke-75 ini diharapkan Brimob masih menjadi kebanggaan tidak hanya bagi Polri, tapi juga bagi rakyat Indonesia,” kata Ahmad Lutfi

Kapolda pun menjelaskan bahwa Brimob merupakan tumpuan utama untuk harkamtibmas di wilayah hukum Polda Jawa Tengah yang meliputi 21 Kabupaten dan Kota.

“Brimob banyak membantu dalam penegakan hukum, bencana alam merapi, dan penanganan pandemi Covid-19,” ujarnya.

Sebelum Peringatan HUT Brimob pada hari ini, Sebagai bukti kesetiaan setiap personil Brimob pada Negara, Satuan Brimob Polda Jateng telah melaksanakan tradisi menjelang peringatan HUT, yaitu pensucian Duaja Satbrimob Polda Jateng ‘Satya Madya Dwipa’ sebagai lambang kesatuan Brimob, Kamis 12 November 2020 lalu. (Amr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *