Arutmin Gandeng Kelompok Porang Kelumpang Untuk Kembangkan Umbi Porang

Daerah505 views
KOTABARU,kabarone.com- PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin menggandeng Kelompok Tani Porang Kelumpang untuk mengembangkan tanaman ubi porang di wilayah Kelumpang, pengembangan tanaman pangan ini ditandai dengan penanaman porang di Desa Tanjung Batu, Kecamatan Kelumpang Tengah Kabupaten Kotabaru beberapa waktu lalu.
Penanaman porang tersebut, dilakukan oleh CD Officer PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin Fery Ariadi Wardhani bersama Kelompok Porang Kelumpang.
Seperti yang dilakukan salah satu petani Porang di Desa Tanjung Batu, Muplih yang mulai menanam Porang di lahan seluas satu hektar, Muplih mengaku tertarik mengembangkan porang karena melihat peluang besar dari budidaya porang ini.
Saya mendengar bagaimana prospek porang ke depannya, akhirnya saya tergerak mencoba menanam umbi porang, apalagi tanaman ini tidak terlalu sulit perawatan nya, cerita Muplih kepada kabarone.com saat mengunjungi lokasi perkebunan porang miliknya.
Kata Muplih, umbi porang memiliki nilai jual tinggi, umbinya memiliki kandungan Glucomannan dan kalsiumnya tinggi, porang juga bisa di manfaatkan tidak hanya untuk kebutuhan konsumsi, tetapi juga membuat lem organik serta penjernih air.
Muplih mengaku tahap awal ini dirinya bersama anggota kelompok lainnya mendapatkan bantuan bibit dan pupuk dari program PPM PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin, imbuhnya.
Sementara Fery Ariadi Wardhani CD Officer PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin mengatakan, semoga dengan program ini khususnya para petani Porang Kelumpang bisa mengembangkan tanamanya agar ke depannya bisa menjual ke luar pulau Kalimantan, dan juga dengan ini bisa memotivasi para petani lain untuk terus mengembangkan tanaman Porang khususnya di darah Kelumpang, harapnya.
Melalui program PPM ini kelompok porang Kelumpang akan menjadi lokomotif sekaligus menjadi percontohan pengembangan tanaman Porang serta mendukung program presiden Jokowi yang mencanangkan Indonesia menjadi lumbung tanaman porang kelas dunia, ujarnya mengakhiri.(HRB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *